Walaupun Murah, Ternyata Buah Pepaya Memiliki Segudang Manfaat !

halodoc

HALOSMI.COM- Mengkonsumsi buah-buahan adalah suatu hal yang harus dilakukan. Tidak hanya makanan berat yang harus kita makan namun sebagai pelengkap asupan buah-buahan juga sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Di dalam buah-buahan terdapat banyak vitamin yang akan kita dapatkan seperti vitamin A, C, dan E.

Pepaya adalah salahsatu buah yang terbilang cukup murah namun memiliki banyak manfaat. Ternyata, manfaat pepaya bagi kesehatan tubuh bukan cuma seputar sembelit saja. Buah yang satu ini masih menyimpan keistimewaan lainnya bagi tubuh. Adapun beberapa manfaat lainnya dari buah pepaya :

Melancarkan Pencernaan 

Banyak yang mencari buah ini ketika seseorang mengalami ketidak lancaran mengenai pencernaannya. Manfaat pepaya untuk pencernaan didapatkan dari enzim-enzim yang terkandung di dalamnya.

Enzim tersebut antara lain papain, chymopapain, caricain, dan glycyl endopeptidase. Untuk enzim papain, enzim ini berada dalam kadar paling tinggi ketika buah pepaya matang. Enzim tersebut membantu mencerna protein yang masuk ke tubuh.

Mengurangi Radang Berlebih 

Peradangan kronis merupakan sumber penyebab datangnya banyak penyakit, seperti penyakit jantung,stroke dan kanker. Pola makan dan gaya hidup yang tidak sehat dapat memicu peradangan. Buah dan dan sayuran yang kaya antioksidan seperti pepaya dapat membantu mengurangi  gejala peradangan.

Menyehatkan Kulit dan Rambut

Pepaya memiliki enzim papain yang berfungsi untuk melembutkan dan merevitalisasi kulit. Sementara itu, vitamin A dan C yang ada di dalamnya bisa mengurangi kerutan dan memudarkan bintik-bintik hitam. Di samping itu, pepaya juga baik untuk kesehatan rambut karena mengandung vitamin A, nutrisi yang dibutuhkan untuk produksi sebum, yang menjaga kelembapan rambut. (*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *