Ragam  

Waspada ! 4 Dampak Obesitas Pada Kesehatan Otak, Yuk Simak Ulasannya

Foto : Doc. Klinik Nyeri Tulang Belakang

HALOSMI.COM- Obesitas adalah kondisi medis di mana terjadi penimbunan lemak tubuh yang berlebihan. Dampak obesitas telah menjadi masalah kesehatan global yang serius, dengan dampak yang luas pada kesejahteraan fisik dan psikologis seseorang. Selain berdampak buruk pada kesehatan secara keseluruhan, obesitas juga dapat memiliki dampak negatif pada kesehatan otak. Berikut adalah empat dampak obesitas pada kesehatan otak:

Perubahan Struktur Otak

Studi pencitraan otak menunjukkan bahwa obesitas dapat menyebabkan perubahan struktural dalam otak. Terutama, obesitas dikaitkan dengan penurunan volume otak, terutama di daerah yang terkait dengan kontrol impuls, regulasi emosi, dan persepsi sensorik. Perubahan struktural ini dapat mempengaruhi fungsi otak dan meningkatkan risiko gangguan mental.

Peradangan Kronis

Obesitas memicu peradangan kronis dalam tubuh, termasuk di dalam otak. Peradangan kronis dapat merusak jaringan otak dan mengganggu fungsi normalnya. Ini dapat mengarah pada gangguan dalam pengaturan mood, kecemasan, dan depresi. Selain itu, peradangan yang terkait dengan obesitas juga dapat meningkatkan risiko penyakit neurodegeneratif, seperti penyakit Parkinson.

Penurunan Fungsi Kognitif

Obesitas dapat menyebabkan penurunan fungsi kognitif, termasuk masalah dalam memori, perhatian, pemecahan masalah, dan keterampilan berpikir abstrak. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan obesitas cenderung memiliki kinerja kognitif yang lebih rendah dibandingkan dengan orang yang memiliki berat badan normal.

Resistensi Insulin

Obesitas sering kali menyebabkan resistensi insulin, kondisi di mana tubuh tidak merespons insulin dengan baik. Resistensi insulin dapat menyebabkan penurunan aliran darah ke otak, yang berdampak negatif pada fungsi kognitif dan memori. Selain itu, resistensi insulin juga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit Alzheimer.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *