Ragam  

Waspada! 4 Kebiasaan Buruk ini Bisa Merusak Otak

Foto : Doc. Kode Pikiran

HALOSMI.COM- Otak merupakan oran yang sangat penting yang harus kita jaga. Sebab salah satu pengatur emosi seseorang adalah otak yang merupakan inti dari tubuh. Otak pengatur emosi, dengan adanya dapat mengatur emosi. Dengan adanya emosi, maka tubuh bisa bergerak sesuai pengaturan.

Namun, seiring bertambahnya usia, otak juga mengalami perubahan yang membuat fungsinya menurun. Selain faktor usia, ternyata ada sejumlah kebiasaan sehari-hari yang bisa membuat fungsi otak menurun. Berikut paparannya seperti dikutip dari Web MD:

Sering Menyendiri

Terlalu sering mengisolasi diri ternyata berakibat depresi dan kecemasan. Rasa kesepian juga meningkatkan risiko penurunan kemampuan kognitif dan terjadinya demensia.

Cobalah berinteraksi dengan orang-orang yang ada di sekitar yang dapat membuat lebih bahagia dan produktif. Sebab sifat manusia sebagai makhluk sosial menyebabkan interaksi sosial mampu merangsang pikiran dan membuat seseorang bisa tetap waspada dan bahagia. Mereka yang senang bergaul cenderung tidak menderita penurunan otak dan Alzheimer.

Kurang Tidur

Tidur adalah hal terpenting yang dapat kamu lakukan me-reset otak dan memulihkan kesehatan mental. Sebab kurangnya jam tidur meski hanya satu malam pun bisa mempengaruhi kapasitas otak untuk mengingat informasi yang baru.

Sebaiknya buatlah jam tidur yang teratur. Jika Anda memiliki masalah dengan tidur, hindari alkohol, kafein, dan elektronik di malam hari, dan mulailah ritual sebelum tidur yang menenangkan.

Jarang Bergerak

Ada beberapa risiko lain yang mengintai seperti penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi, yang mana semua ini juga berkaitan dengan Alzheimer.

Kamu tidak harus mulai dengan berlari maraton, tapi bisa dengan melakukan olahraga ringan setengah jam di taman atau jalan cepat di sekitar lingkungan. Yang penting lakukan minimal 3 hari dalam seminggu.

Mendengarkan Musik Terlalu Keras

Banyak orang yang suka mendengarkan musik memakai earphone atau headphone dengan volume yang tinggi. Padahal, kebiasaan ini tak hanya bisa merusak pendengaran, tapi juga otak.

Kebiasaan mendengarkan musik terlalu keras bisa mengakibatkan sejumlah masalah lanjutan pada otak seperti kehilangan memori atau kerusakan jaringan secara permanen hanya dalam 30 menit. Hal ini karena otak harus bekerja sangat keras untuk memahami apa yang dikatakan di sekitar  sehingga tidak dapat menyimpan apa yang kamu dengar ke dalam memori.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *