“bjb
Ragam  

Waspada ! 4 Makanan ini Bisa Memperburuk Kesehatan Mentalmu, Rasa Cemas yang Berlebih Salah Satunya

Foto : Doc. KlikDokter

HALOSMI.COM- Kecemasan adalah perasaan yang timbul ketika kita khawatir atau takut akan sesuatu. Rasa takut dan panik adalah hal yang manusiawi. Setelah beberapa waktu, kita biasanya merasa lebih tenang dan nyaman. Meskipun ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kecemasan, penelitian telah menunjukkan bahwa makanan yang kita konsumsi dapat memengaruhi kesehatan mental. Bisa saja, makanan dan minuman tertentu ini menjadi alasan dibalik rasa cemasmu.

Berikut ini daftar makanan serta minuman yang berkontribusi dalam meningkatkan rasa cemas, dikutip dari Huff Post. 

Diet Soda

Diet soda merupakan jenis minuman ringan yang terdiri dari campuran air berkarbonasi, mengandung pemanis buatan, perasa dan tambahan minuman lainnya. Diet soda memang sangat menyegarkan diminum saat musim panas, namun dibaliknya ada masalah kesehatan yang lebih besar.

Menurut Dr. Jacques Jospitre, Jr. , psikiater bersertifikat dan salah satu pendiri SohoMD, soda tinggi gula memang tidak bagus untuk kesehatan, namun sebenarnya diet soda justru lebih buruk dari itu. Minuman ini banyak mengandung fenilalanin yang merupakan bahan kimia tambahan yang terkenal mengacaukan neurokimia otak dengan menghentikan produksi serotonin dan dopamin, yang mana dua hormon tersebut sangat dibutuhkan untuk membangun suasana hati yang baik.

Permen 

Sebuah studi pada tahun 2015 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa makanan bergula dan bertepung dapat menyebabkan depresi. Meski begitu, konsumsi gula alami seperti yang ditemukan pada buah, jauh berbeda dengan jenis permen. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa orang yang ngemil buah sebenarnya cenderung tidak melaporkan gejala depresi.

Kopi

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi lebih dari 250 miligram kafein per hari (kira-kira 2,5 cangkir) dapat berdampak negatif pada kecemasan. Hal ini sebabkan oleh adanya kafein yang dapat meningkatkan respons hormon kortisol dan berakibat pada kelelahan adrenal. Tak jarang, mereka yang mengonsumsi kopi berlebih dengan mudah dihinggapi rasa cemas dan kelelahan terus menerus.

Apabila kamu termasuk orang yang memiliki rangsangan cepat gugup dan cemas, cara terbaik dalam mengonsumsi minuman yang mengandung kafein adalah dalam bentuk matcha. Matcha bisa menjadi alternatif yang bagus karena mengandung senyawa L-theanine yang berfungsi menurunkan denyut jantung dan memicu tekanan darah tinggi.

Alkohol 

Alkohol adalah depresan dan dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang negatif. Biasanya, perasaan yang timbul setelah meminum minuman ini seperti muncul rasa cemas. Danielle Tucci seorang konselor profesional berlisensi dan pendiri Live Better Therapy Solutions, mengatakan  “Ini mengacu pada periode di mana kamu pulih dari mabuk dan hormon stres, kortisol, meningkat.”(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *