“bjb
Tekno  

Waspada Voice Note Bodong! Modus Penipuan Baru di WhatsApp

Foto : Doc. Gizbot

HALOSMI.COM-  Maraknya kasus modus penipuan online membuat pengguna smartphone harus lebih waspada khususnya pengguna WhatsApp. Sudah banyak bentuk modus penipuan yang dilakukan semakin bervariatif bentuknya.

Untuk meminimalisir kasus penipuan online, ketahui salah satu modus dalam bentuk voice note bodong yang sedang hangat di kalangan media sosial. Untuk itu, ketahui ciri voice note bodong berikut ini. Peringatan tentang penipuan dan modus baru di WhatsApp adalah hal yang penting untuk dipahami dan disebarkan agar orang-orang tetap waspada terhadap potensi ancaman tersebut.

 Bukan Berformat .ogg

Ciri voice note bodong yang perlu dihindari adalah melihat dari formatnya. Format voice note yang benar dan resmi adalah .ogg. Oleh karenanya, jika kamu menerima pesan voice note yang berformat lain dari itu maka sebaiknya tidak diunduh atau minta kepastian terlebih dulu.

Tidak Otomatis Terunduh

Ciri voice note bodong selanjutnya adalah tidak otomatis terunduh. Tanda panah yang ada di voice note yang dikirimkan pelaku seharusnya tidak ada. Namun, dengan catatan untuk kamu pengguna Whatsapp yang mengaktifkan atomatis mengunduh data yang dikirim kontak. Pengaturan otomatis unduh di Whatsapp seharusnya tidak menampilkan tanda panah di bagian voice notenya. Sehingga, kondisi tersebut harus dihindari dengan tidak mengunduhnya.

Pengamat Budaya dan Komunikasi Digital Universitas Indonesia (UI) Firman Kurniawan mengatakan, modus penipuan online melalui voice note bisa merupakan salah satu bentuk pengemabangan dari penipuan dengan modus APK sebelumnya. Kemudian, karena berbentuk voice note, bisa mengurangi kewaspadaan calon korban karena seperti bukan penipuan.

Modus Ingin Mengirim Dropship

Jika kamu mendapatkan pesan dari nomor yang tidak dikenali dan merasa tidak ingin melakukan dropship, segera hapus bahkan blok kontak tersebut. Modus penipuan kali ini beriming-iming ingin menawarkan atau memberikan sebuah dropship atas pembelian paket yang kamu lakukan di aplikasi online.

Kemudian, untuk menjelaskan tata caranya, pelaku akan memberikan voice note yang tampak tak berbeda jauh dengan voice note pada umumnya. Untuk itu, kamu harus lebih selektif dalam menerima informasi atau membalas modus penipuan seperti itu.

Lebih dari 1 Menit

Salah satu ciri voice note bodong adalah berdurasi lebih dari 1 menit. Pasalnya, seorang teman atau sanak saudara kamu tidak akan mengirim voice note lebih dari 1 menit apalagi dengan nomor yang tidak dikenal. Ciri satu ini sangat jelas dan bisa kamu jadikan tameng agar tidak terkena kasus penipuan online atau pemerasan online.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *