News, Ragam  

Waw Ternyata ini Manfaat Mengkonsumsi Cabai Hijau, Salah Satunya Bisa Menurunkan Berat Badan Lho

Foto : Doc. Islampos

HALOSMI.COM- Cabai hijau adalah adalah salah satu tanaman anggota suku Solanaceae/terong-terongan, dengan nama latin Capsicum annum var. annuum. Cabai hijau termasuk tanaman perdu atau semak. Cabai hijau digunakan di hampir setiap masakan sebagai rempah-rempah untuk menambah rasa pedas, warna dan rasanya.

Cabai mengandung vitamin seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin K. Cabai juga mengandung mineral seperti kalsium, magnesium, folat, kalium, tiamin, zat besi, tembaga dan lainnya. Karena itu, cabai harus dikonsumsi setiap hari.

Berikut manfaat makan cabai hijau untuk kesehatan :

Menjaga Kesehatan Jantung 

Capsaicin memiliki banyak manfaat farmakologis bagi manusia, seperti mengobati sindrom nyeri kronis dan penyakit jantung iskemik.

Warna hijau pada cabai adalah kombinasi klorofil dan karotenoid (prekursor vitamin A). Karotenoid dapat memberikan perlindungan jaringan tubuh terhadap cahaya dan oksigen. Makan cabai juga dikaitkan dengan penurunan tingkat kematian penyakit jantung. Ini luar biasa untuk pengelolaan penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe-2.

Menguatkan Kekebalan Tubuh

Cabai memainkan peran penting sebagai penguat kekebalan dan juga dapat mengobati nyeri radang sendi bila dikonsumsi secara teratur.

Cabai juga merupakan komponen penting untuk membangun dan memelihara sistem kekebalan tubuh manusia. Capsaicin memiliki sifat antimikroba, yang menunjukkan penggunaannya sebagai penghambat alami potensial mikroorganisme patogen dalam makanan.

Menyehatkan Kulit 

Cabai hijau adalah salah satu sumber utama asam askorbat (vitamin C). Asam askorbat memiliki sifat antioksidan yang kuat terhadap radikal bebas karena daya reduksinya, sehingga membantu cahaya dari dalam.

Antioksidan dalam jumlah tinggi dapat membantu memulihkan dan mencegah penuaan dini. Efek biokimia dan farmakologis cabai termasuk anti-inflamasi, anti-alergi, dan anti-oksidasi sel kulit.

Membakar Lemak 

Capsaicin, senyawa bioaktif utama dalam cabai bertanggung jawab atas rasanya yang menyengat dan berbagai manfaat kesehatan. Capsaicin, agen antioksidan kuat dalam tanaman, bisa melawan kadar kolesterol tinggi dan obesitas. Ini membakar lemak dan membantu menurunkan berat badan.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *