Ragam  

Yuk Mulai Mencintai Diri Sendiri Sebelum Mencintai Orang Lain : Begini Caranya

Foto : Doc. Forbes

HALOSMI.COM- Mencintai diri sendiri atau self-love adalah sebuah kesadaran dimana kita mencintai sepenuhnya apa yang ada pada diri kita, baik itu kekurangan ataupun kelebihan. Dengan hal ini bukan berarti kamu egois, justru kamu bisa menerima segala kelebihan tanpa merasa tinggi hati, tetapi juga berlapang dada untuk merangkul semua kekurangan diri tanpa ditutupi. Sederhananya, mencintai diri sendiri haruslah sepenuh hati dan tanpa syarat.

Baca juga : Jangan Cuma di Chat, Tunjukan Secara Perlakuan Kalau Beneran Sayang ! Simak Hal ini yang Bisa Bikin Pasanganmu Makin Mencintaimu

Bagaimana kita mau mencintai oranglain kalau kita saja tidak mengerti bagaimana caranya mencintai diri sendiri. Karena cinta pada diri sendiri tidak datang begitu saja. Kamu perlu membangunnya dengan melakukan beberapa hal yang berguna bagi diri kamu sendiri. Bisa dimulai dari hal-hal mudah dan sederhana seperti berikut ini :

Memenuhi Kebutuhan dan Keinginan Diri Sendiri

Terkadang seseorang terlalu sibuk mementingkan dan memikirkan orang lain tanpa pernah peduli dengan diri sendiri khususnya mengenai kebutuhan dan keinginan yang kita perlukan. Baik itu mengenai fisik, rohani, psikis, dan mental.

Cobalah untuk lebih menjaga kesehatan dengan cukup tidur 7–8 jam semalam, makan teratur tiga kali sehari, olahraga, hingga meluangkan waktu untuk meredakan stres dan beribadah setiap harinya. Pastikan semua kebutuhan dan keinginanmu ini dipenuhi dengan cara-cara yang sehat.

Menyempatkan Waktu Untuk Membahagiakan Diri

Setiap harinya tubuh dan fikiranmu selalu di paksa untuk melakukan pekerjaan yang berat, yang membuat kamu stress dan merasa lelah. Sempatkanlah waktu untuk seharian memanjakan dan membahagiakan diri kamu sendiri.

Baca juga : Kenali 5 Jenis Love Language ini Untuk Menyenangkan Pasangan Anda !

Pergi ketempat yang indah, nyaman, sejuk atau kamu bisa melakukan hal yang menyenangkan seperti bernyanyi, mendengarkan musik, atau apa pun yang membuat kamu merasa nyaman. Meski terkesan remeh, cara ini bisa membantu kamu menghargai dan mencintai diri sendiri sekaligus membawa kepuasan pada diri.

Menyingkirkan Fikiran Negatif 

Terkadang, pikiran-pikiran negatif akan membuat kamu merasa tersiksa dan kerap merendahkan diri sendiri. Coba pikirkan hal-hal yang positif agar kamu menjadi lebih percaya diri dan mencintai diri sendiri, misalnya kelebihan yang kamu miliki.

Kamupun perlu mengurangi konsumsi berita negatif yang cenderung memicu pikiran negatif terus-menerus. Buatlah jadwal untuk membuka media sosial sesedikit mungkin.

Tidak Memaksakan Diri Demi Kesenangan Oranglain 

Ini adalah hal yang sangat sulit. Rasa gak enakan adalah perasaan yang sangat salah karena akan memaksakan diri untuk tetap melakukan apa yang disukai orang lain padahal diri kamu tidak menyukainya.

Sebaiknya mulai sekarang kita mengurangi kebiasaan ini sebab hanya akan membuat diri kita menderita. Contoh saja saat kamu sedang sangat lelah dan sahabatmu mengajak untuk pergi ke suatu tempat, kamu harus bisa mulai mengatakan “tidak”. Jika mengiyakan maka kamu hanya akan menyiksa diri sendiri.

Mulai beranikan diri untuk lebih memprioritaskan diri sebab tugas kita tidak hanya untuk menyenangkan orang lain saja namun diri kita sendiri.(*)

 

 

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *