4 Cara Memutihkan Lutut dan Sikut Menggunakan Bahan Alami

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Memiliki kulit lutut dan siku berwarna lebih hitam daripada area kulit di sekitarnya adalah sesuatu yang normal. Kondisi itu pada dasarnya dapat terjadi karena lutut dan siku adalah area tubuh yang sering mengalami gesekan.

Baca juga : 4 Masker Alami yang Mampu Mengatasi Tangan Belang Akibat Kepanasan

Beberapa kondisi lain juga dapat menjadi penyebab lutut dan siku berwarna lebih gelap, seperti efek penuaan, faktor genetik, kurang menjaga kebersihan, efek paparan sinar matahari, kulit kering, ketidakseimbangan hormon, hiperpigmentasi kulit, dan obesitas efek samping obat.

Baca juga : Cek 4 Kandungan Skincare Anti Aging yang Baik Untuk Kulit Wajah Kamu

Meski terbilang wajar, memiliki kulit lutut dan siku yang gelap sayangnya kadang-kadang tetap dapat mengganggu penampilan dan merusak rasa percaya diri, terutama bagi kaum hawa. Namun jangan khawatir, berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dianggap dapat memutihkan lutut dan siku:

Gel Lidah Buaya 

Selain dapat mencerahkan kulit, lidah buaya juga dianggap dapat mencerahkan kulit mungkin karena mengandung senyawa yang disebut aloesin. Aloesin ini dapat mengurangi hiperpigmentasi yang disebabkan oleh paparan sinar matahari.

Untuk mencoba gel lidah buaya dalam mencerahkan kulit lutut dan siku, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Oleskan 1 sendok makan gel lidah buaya ke lutut atau siku
  • Oleskan dengan lembut ke kulit dengan tangan bersih
  • Ulangi 2 hingga 3 kali seminggu hingga menghasilkan peruba

Kunyit

Kunyit dianggap dapat bermanfaat sebagai bahan alami untuk memutihkan kulit lutut dan siku tangan karena mengandung kurkumin.

Kandungan kurkumin ini dapat menghambat aktivitas tirosinase. Hal ini dapat membatasi sintesis melanin, yang dapat membantu mengurangi hiperpigmentasi. Berikut cara menggunakan kunyit untuk mencerahkan lutut dan siku:

  • Campurkan ½ sendok teh kunyit dan 1 sendok makan yogurt atau madu
  • Oleskan pasta ke lutut Tunggu 10 hingga 15 menit
  • Bilas dan lembapkan Ulangi 2 hingga 3 kali seminggu

Teh Hijau 

Teh hijau adalah obat pencerah kulit yang sangat populer. Hal ini mungkin berkaitan dengan senyawa utamanya, yakni epigallocatechin gallate (EGCG).

EGCG dapat mencegah akumulasi melanin. EGCG bekerja dengan menghambat tirosinase, enzim utama yang dibutuhkan untuk membuat melanin. Seperti diketahui, produksi melanin yang berlebih dapa membuat area tertentu di kulit menjadi lebih gelap. Berikut ini cara memutihkan lutut dan siku dengan teh hijau:

  • Seduh sekantong teh hijau dalam 1 cangkir air panas, kemudian dinginkan
  • Celupkan bola kapas ke dalam teh dan peras kelebihannya
  • Usapkan kapas ke atas lutut dan siku Ulangi dua kali sehari langkah tersebut.

Lemon 

Air perasan lemon dapat memutihkan lutut dan sikut karena mengandung asam sitrat. Cara memutihkan lutut dan sikut dengan lemon, yakni:

  • Potong lemon menjadi 2 bagian
  • Gosokkan pada lutut dan siku
  • Setelah itu, diamkan selama 3 jam sebelum dibilas bersih dengan air hangat
  • Untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal, jangan lupa untuk mengusap pelembab setelahnya karena perasan lemon ternyata dapat membuat kulit kering.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Penulis: Putri Ayu Ratna SariEditor: Putri Ayu Ratna Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *