4 Masjid Ini Memiliki Design Unik dan Megah : Semua Rancangan Ridwan Kamil

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Masjid merupakan sebuah bangunan yang dipergunakan untuk pelaksanaan Ibadah bagi umat Islam. Hampir Setiap sudut kota di seluruh wilayah Indonesia terdapat bangunan ibadah untuk umat muslim ini dari mulai mushola hingga masjid yang besar.

Baca juga : Mau Dapet Cuan Cuma dari Konten ? Yuk Simak Cara Daftar TikTok Affiliate

Biasanya ciri khas masjid adalah memiliki menara atau berkubah yang menjulang tinggi sebagai pengingat akan keesaan Allah. Namun biasanya setiap masjid memiliki desain yang berbeda bahkan unik sehingga menambah daya tarik tersendiri seperti masjid Al- Jabbar.

Baca juga : Waw, 4 Jenis Nasi dengan Warna yang Berbeda ini Cocok Untuk Program Diet Lho

Bapak gubernur Jawa Barat telah meresmikan Masjid Al-Jabbar di Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, pada Jumat (30/12/2022) lalu. Masjid yang juga dirancang oleh Ridwan Kamil ini menarik perhatian masyarakat karena arsitekturnya yang unik serta penuh makna. Bahkan, bukan hanya masjid Al Jabbar yang beliau rancang. Ada beberapa masjid di kota-kota besar yang juga dirancang dengan unik.

Berikut 4 Masjid hasil rancangan Ridwan Kamil :

Masjid Raya Al-Azhar Summarecon, Bekasi 

 

Foto : Doc. Pinterest

Dikutip dari laman resmi Summarecon Bekasi, desain Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi rancangan Ridwan Kamil ini terinspirasi dari bangunan Ka’bah di Baitullah Mekah. Selain menjadi tempat ibadah, Masjid Raya Al-Azhar Summarecon Bekasi juga kerap dijadikan tempat wisata religi.

Masjid ini dibangun di atas lahan seluas kurang lebih 3.000 meter persegi dengan luas total bangunan sekitar 1.320 meter persegi. Terdiri dari dua lantai, tempat ibadah ini dapat menampung hingga 1.200 jemaah. Masjid RAya Al-Azhar terletak di Jalan Bulevar Utara Blok L, Summarecon Bekasi Utara, Jawa Barat.

Masjid Jami Darusalam, Jakarta

Foto : Doc. Pinterest

Masjid yang berlokasi di Jalan Kebon Melati, Tanah Abang Jakarta Pusat ini memiliki julukan Masjid Segitiga. Jika kita melangkah ke dalam masjid desain segitiga terlihat dari bentuk tiang yang menempel di dinding sisi persisinya saling membentuk segitiga.

Masjid yang terkenal tanpa kubah tersebut juga dianggap berbentuk seperti atap rumah, sehingga terlihat berbeda dengan kebanyakan masjid-masjid yang ada di Indonesia.

Selain itu, ruangan utama masjid ini ada di bagian atas, lengkap dengan mimbar dan dinding yang dihias kaligrafi. Masjid Jami Darussalam ini dirancang oleh Ridwan Kamil bersama Urbane, biro arsitektur yang ia dirikan bersama rekan-rekannya pada 2012.

Masjid Terapung Al Jabbar, Bandung

Foto : Doc. Pinterest

Masjid megah dan artistik terbaru karya Ridwan Kamil berikutnya ialah Masjid Terapung Al Jabbar yang dibangun di kawasan Gedebage, Bandung, Jawa Barat. Bangunan masjid dikelilingi danau yang mengitari seluruh area masjid seluas 21 hektar.

Kabarnya, Masjid Terapung Al Jabbar ini akan menjadi ikon baru bagi Kota Bandung Jawa Barat dan menjadi daya tarik untuk beribadah secara khusyuk di masjid anyar rancangan Gubernur Ridwan Kamil.

Masjid Raya Asmaul Husna, Tanggerang 

Foto : Doc. Pinterest

Masjid Raya Asmaul Husna dibangun pada tahun 2010, serta diresmikan oleh Bupati Tangerang Zaki Iskandar di tahun 2013. Masjid Asmaul Husna sengaja di desain sebagai miniatur Asmaul Husna dengan seluruh ukiran 99 Nama Allah pada dindingnya.

Arsitek desain Ridwan Kamil, mewujudkan sisi moderen berbalut keanggunan dan kemegahan Islam dalam bentuk masjid yang indah dan nyaman. Masjid Raya Asmaul Husna berada di tengah kompleks Gading Serpong, tepatnya ada di Jalan Raya Kelapa Dua Nomor 31, Kabupaten Tangerang, Banten.

Masjid Raya Amaul Husna di Serpong Tangerang terlihat sangat mencolok dari luar dengan warnanya yang hijau. Selain itu Masjid Asmaul Husna tersebut memiliki kubah yang berbeda dengan masjid yang lain, yakni berbentuk lengkungan tipis sehingga menampilkan sisi arsitektural yang seimbang jika diberi cahaya.

Tak hanya itu, bagian menara masjid juga tak kalah unik, yakni berbentuk seperti bambu runcing dengan dihiasi bintanf dan bulan sabit di atasnya sebagai lambang ke esaan Allah.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *