Waw, 4 Jenis Nasi dengan Warna yang Berbeda ini Cocok Untuk Program Diet Lho

Foto : Doc. Orami

HALOSMI.COM- Dalam kehidupan sehari-hari, masyarakat Indonesia tidak dapat lepas dari konsumsi nasi. Namun, beras standar yang biasa dikonsumsi masyarakat memiliki kadar kalori cukup tinggi, sehingga tidak cocok untuk orang yang sedang melakukan diet.

Baca juga : Cara Membuat Nasi Menggunakan Rice Cooker Anti Gagal, Dijamin Pulen !

Rasanya belum makan kalau kita belum bertemu dengan nasi. Jangan khawatir karena ternyata ada beberapa jenis nasi yang cocok di konsumsi untuk kamu yang sedang menjalani program diet maupun untuk menghindari penyakit-penyakit tertentu.

Berikut adalah beberapa jenis nasi yang cocok untuk diet karena memiliki kandungan gizi yang seimbang.

Nasi Merah

Foto : Doc. Pinterest

Nasi merah adalah nasi yang kaya akan kandungan serat yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol. Karena memiliki serat yang banyak, nasi merah dapat membuatmu merasa kenyang lebih lama dan memberimu suplai energi secara bertahap sesuai kebutuhan, sehingga asupan kalori dapat terpakai lebih efisien dan tidak menumpuk di perut.

Baca juga : Tidak Banyak Orang Tahu, Bahwa Makanan Pribiotik ini Sangat Bermanfaat Untuk Kesehatan

Selain itu, kandungan antosianin pada nasi merah dapat membantu mengurangi berat badan. Selain itu, nasi merah juga kaya akan mangan yang bagus untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Nasi merah mengandung 216 kalori setiap 250 gram.

Nasi Shirakati 

Foto : Doc. Pinterest

Jenis nasi ini sangat terkenal karena memiliki kandungan kalori yang sangat rendah. Nasi shirataki hanya mengandung 10 kalori dan 3 gram karbohidrat setiap 112 gram nasi. Ini sangat cocok untuk menurunkan berat badan.

Nasi shirataki juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga membuat kenyang lebih lama dan mengurangi hasrat untuk makan. Kandungan serat ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Nasi Hitam

Foto : Doc. pinterest

Nasi hitam adalah nasi yang benar-benar memiliki warna hitam dimana warna ini disebabkan oleh pigmen Anthocyanin yang dapat mengurangi kadar lemak dalam tubuh. Pigmen ini juga mengandung antioksidan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita penyakit jantung.

Selain itu, nasi hitam sangat cocok untuk mengurangi berat badan. Hal ini dikarenakan nasi hitam memiliki kandungan serat dan protein yang cukup tinggi, sehingga dapat membuat perut kenyang cukup lama. Nasi ini juga bebas gluten sehingga sangat sempurna untuk diet.

Nasi Cokelat 

Foto : Doc. Pinterest

Nasi cokelat sangat cocok dikonsumsi untuk menunjang program diet. Hal ini dikarenakan beras cokelat mengandung 111 kalori dalam 100 gram.

Hal ini berbanding terbalik dengan nasi putih yang mengandung 356 kalori dengan ukuran yang sama. Nasi cokelat juga kaya akan serat. Kandungan ini dapat mambantu meningkatkan metabolisme tubuh, sehingga sangat bagus untuk menurunkan berat badan.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Editor: Putri Ayu Ratna Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *