Bentrok Anggota TNI AL dan Brimob, Kapolri: Sudah Berangkulan

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Istimewa.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. Foto: Istimewa.

HALOSMI.COM – Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyatakan perselisihan anggota TNI AL dan oknum Brimob Polda Papua Barat di Pelabuhan Sorong, Papua Barat Daya sudah selesai.

“Sudah berangkulan,” kata Listyo di GT Cikampek Utama, dikutip dari CNN Indonesia, pada Senin, 15 April 2024.

Baca juga: Gegara Hal Ini, Anggota TNI AL dan Brimob Bentrok

Dalam kesempatan sama, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto juga menyatakan persoalan antara anggota TNI AL dan Brimob itu telah diselesaikan.

“Enggak ada masalah, sudah diselesaikan,” ucap Agus.

Agus turut menyampaikan bahwa keberadaan personel TNI maupun Polri di Tanah Papua adalah untuk melaksanakan kegiatan teritorial dalam rangka mempercepat pembangunan.

Selain itu, kata Agus, aparat keamanan juga memiliki tugas untuk memberikan kesejahteraan kepada masyarakat di wilayah Papua.

“Gangguan-gangguan dari OPM masih terjadi. Kemarin Danramil saya disana ditembak kemudian dibacok sampai gugur. Pada saat persemayaman pun masih diganggu. Jadi gangguan itu masih ada, kita tetap mengimbau kepada mereka agar tidak seperti itu,” ungkap dia.

Sebelumnya, terjadi bentrok antara sejumlah personel Polisi Militer TNI AL (Pomal) Lantamal XIV/Sorong dengan anggota Brimob Polda Papua Barat Batalyon B Sorong, Minggu 14 April 2024, sekitar pukul 09.30 WIT.

Bentrok diduga kuat terjadi lantaran salah paham antara oknum anggota Brimob dan Pomal TNI AL di Pelabuhan laut Sorong yang kemudian berdampak pada perkelahian antara sesama aparat.

Akibatnya sejumlah personil Kepolisian dan TNI AL mengalami luka-luka.

Dampak lain dari bentrokan itu, sejumlah fasilitas ikut dirusak, seperti Terminal Pelabuhan Laut Sorong, Polsek KP3 Laut, Pos Lantas Drive Thrue Kuda Laut. Selain itu, 2 Pos Pengamanan Idul Fitri Polresta Sorong Kota di Jalan Yos Sudarso, Kampung Baru. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *