Jabar  

Cek Disini Link Pendaftaran Tahap 1 PPDB SMA, SMK dan SLB Jawa Barat 2023

PPDB SMA, SMK dan SLB Provinsi Jawa Barat. Foto: Instagram @disdikjabar
PPDB SMA, SMK dan SLB Provinsi Jawa Barat. Foto: Instagram @disdikjabar

HALOSMI.COMBerikut link pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA,SMK dan SLB Tahap 1 di Provinsi Jawa Barat.

Orang tua calon siswa bisa melakukan pendaftaran SMA, SMK dan SLB Jawa Barat 2023 Tahap 1 di sekolah yang diinginkan melalui dua cara.

Pertama, orang tua siswa bisa melakukan pendaftaran melalui online di website yang telah disediakan pemprov Jabar.

Dan kedua, orang tua siswa bisa mendaftarkan anaknya langsung di sekolah tujuan dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

PPDB SMA, SMK, dan SLB Provinsi Jawa Barat (Jabar) Tahun 2023 yang telah dibuka Sejak 6 Juni akan ditutup pada 10 Juni 2023 mendatang.

Sementara itu, PPDB SMA, SMK, dan SLB untuk tahap 2 akan dibuka pada 26 hingga 30 Juni 2023.

Untuk PPDB tahun ini, pemprov Jabar tidak melakukan perubahan yang signifikan. Proses PPDB untuk tingkat SMA, SMK dan SLB hampir sama dengan tahun sebelumnya.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Jabar, Wahyu Mijaya, menuturkan PPDB SMA, SMK, dan SLB Jabar Tahun 2023 tidak banyak mengalami perubahan, mengingat acuan utamanya masih tetap, yaitu Peraturan Menteri Pendidikan No. 1 Tahun 2021 tentang PPDB pada TK, SD, SMP, SMA, dan SMK.

Demikian pula aturan pada tingkat daerah, masih mengacu pada Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 29 Tahun. 2021 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru pada SMA, SMK dan SLB serta Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 21 Tahun 2022 tentang Perubahan Peraturan Gubernur Jawa Barat No. 29 Tahun 2021 Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Pada SMA, SMK dan SLB.

“Secara umum, aturan PPDB tidak banyak perubahan. Adapun revisi sifatnya penyempurnaan, menindaklanjuti hasil evaluasi PPDB tahun 2022, baik dari internal maupun eksternal,” kata Asep dikutip dari Antara News, Kamis 8 Juni 2023.

Beberapa penyempurnaan, yakni penegasan Kartu Keluarga (KK) paling sedikit sudah berdomisili satu tahun sebagai aturan dari Permendikbud.

Hal ini untuk menghindari perpindahan calon peserta didik fiktif yang hanya mendekati lokasi sekolah agar diterima melalui jalur zonasi yang dapat merugikan/menggeser hak calon peserta didik yang secara riil berdomisili dekat sekolah.

“Untuk PPDB tahun 2023 telah dikembangkan aplikasi yang dapat mengakses PPDB menggunakan mobile device (perangkat HP), hasil kerja sama dengan Diskominfo Jabar, dimana informasi PPDB terkoneksi dengan aplikasi Sapawarga untuk pendaftaran PPDB tahap 2,” katanya.

Adapun link Pendaftaran PPDB SMA, SMK dan SLB Jawa Barat 2023 Tahap 1 adalah sebagai berikut: KLIK DI SINI. (***)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *