Jangan Panik! Lakukan 4 Terapi Madiri ini untuk Penyembuhan Penyakit Asma

Foto : Doc. Lovepik

HALOSMI.COM- Asma merupakan penyakit gangguan pernapasan yang dikarenakan adanya penyempitan pada saluran pernapasan sehingga aliran oksigen dari paru-paru ke rongga dada menjadi terhambat. Biasanya penyebab asma berasal dari alergi.

Banyak hal yang menjadi pemicu asma kambuh, diantaranya asap rokok, makanan, infeksi pernapasan, asap knalpot, kabut, stres dan obat-obatan tertentu. Jika sudah terkena penyakit asma, kamu akan mengalami kesulitan bernafas dan merasa sesak di dada. Biasanya disertai batuk saat bernafas dan napas berat yang bersuara.

Namun jangan khawatir, artikel ini akan membantu kamu melakukan terapi memulihkan asma tanpa obat-obatan yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Begini caranya.

1. Lakukan Meditasi 

Penyakit Asma adalah penyakit yang berhubungan dengan pernapasan. Maka dari itu diperlukan untuk melakukan meditasi ringan seperti melakukan senam pernapasan yang dilakukan untuk melatih organ paru-paru agar bisa memiliki kapasitas yang normal.

Baca juga : Overthingking di Jam Rawan ? Yuk Simak Cara Mengatasinya!

Kamu bisa lakukan pernapasan diafragma yang berguna untuk memaksimalkan distribusi udara dalam paru. Saat melakukan olah napas, tingkat karbondioksida dalam tubuh akan meningkat. Dengan membiasakan tubuh pada keadaan ini, akan menjadikan tubuhmu semakin kuat jika asma menyerang.

2. Berjemur Setiap Pagi 

Sinar matahari memiliki vitamin D yang memiliki fungsi untuk mengendalikan bagian sistem kekebalan tubuh yang terlalu aktif pada penderita asma. Penelitian mengungkapkan bahwa orang-orang dengan tingkat vitamin D yang tinggi mampu mengontrol asma. Begitu pun dengan udara segar di pagi hari yang baik untuk kesehatan paru-paru.

Maka dari itu, disarankan untuk kamu berjemur di pagi hari untuk menghirup udara pagi yang segar dan menikmati hangatnya sinar matahari.

3. Banyak Minum Air Putih 

Rajin meminum air putih ternyata juga sangat membantu dalam usaha pengobatan asma. Karena air putih mengandung oksigen yang sehat untuk tubuh, sekaligus juga sangat baik untuk kesehatan paru-paru. Jadi, minumlah air putih minimal 8 gelas sehari supaya paru-paru tetap sehat.

Jangan sampai kita kekurangan cairan pada tubuh, karena biasanya serangan asma akibat penyempitan saluran pernapasan menyebabkan terjadinya dehidrasi yang sangat parah.

4. Kelola Emosi Berlebihan dan Stress

Tekanan emosi seperti rasa cemas yang berlebihan, rasa takut, bahkan rasa gembira juga bisa membuat asma cepat kambuh karena perubahan denyut jantung yang kuat. Tingkat stres yang tinggi juga bisa menyebabkan serangan asma.

Baca juga : Jangan Berontak, Ini Cara yang Tepat Untuk Melampiaskan Amarah

Oleh karenanya, kamu harus bisa mengontrol emosi dan stres, jangan terlalu berlebihan, secukupnya saja. Belajar menahan emosi juga penting, dengan menjauhi hal-hal yang sekiranya memicu loncatan emosi yang berlebihan.(*)

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *