Mengapa Vitamin C Sangat Penting untuk Tubuh ? Simak Manfaatnya

Foto : Doc. Dunia Masak

HALOSMI.COM- Vitamin C (bernama lain asam askorbat) termasuk kelompok vitamin larut air. Tubuh tidak mampu memproduksi dan menyimpan vitamin C sendiri. Maka dari itu, kamu perlu memenuhi kebutuhan vitamin C harian dari asupan makanan.

Baca juga : Waw Ternyata Cokelat Punya Manfaat Baik Untuk Kecantikan Lho! Yuk Simak Ulasannya

Asupan vitamin C yang cukup dapat melindungi tubuh dari serangan penyakit. Namun, ini bukanlah satu-satunya manfaat vitamin C. Zat gizi yang identik dengan buah-buahan yang mengandung vitamn C juga bermanfaat bagi jaringan kulit, peredaran darah, bahkan saraf otak.

Baca juga : 4 Manfaat ini Tidak Akan di Dapatkan Jika Kamu Melewatkan Mandi Pagi

Di bawah ini berbagai kebaikan yang bisa Anda dapatkan dari vitamin C.

Mennurunkan Penyakit Kronis 

Vitamin C memiliki manfaat sebagai antioksidan alami. Antioksidan merupakan zat yang melindungi berbagai sel tubuh dari efek radikal bebas. Tanpa perlindungan antioksidan, sel tubuh lebih rentan mengalami kerusakan atau mutasi yang berbahaya.

Kerusakan atau mutasi sel dapat menimbulkan sejumlah penyakit, mulai dari penyakit jantung, hingga kanker. Asupan vitamin C memang tidak secara langsung mencegah penyakitnya, tapi berpotensi menurunkan risikonya.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh 

Sebagai antioksidan, vitamin ini juga melindungi sel kekebalan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Inilah alasan mengapa vitamin C sangat penting bagi tubuh karena vitamin C juga mampu membantu meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara mendorong produksi sel darah putih yang disebut limfosit dan fagosit.

Tidak hanya itu, vitamin C membantu memperkuat pertahanan kulit. Kulit ternyata tidak hanya melindungi tubuh dari udara dan lingkungan. Organ terbesar tubuh manusia ini juga menghalau bakteri, jamur, dan mikroba lain yang jadi penyebab penyakit.

Mengontrol Tekanan Darah 

Pasalnya, berbagai penelitian menunjukkan bahwa asupan vitamin C dapat membantu menurunkan tekanan darah, bahkan pada pasien hipertensi.

Menurut jurnal pada The American Journal Of Clinical Nutrition suplemen vitamin C bisa menurunkan tekanan darah sistolik sebesar 4,9 mmHg (milimeter air raksa) dan diastolik sebesar 1,7 mmHg. Agar lebih optimal, imbangi dengan menurunkan asupan garam.

Menjaga Kulit Agar Tetap Kencang 

Vitamin C dapat ditemukan pada lapisan dermis dan epidermis kulit. Ini karena vitamin C memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan kulit. Zat gizi inilah yang mendorong produksi kolagen dan melindungi sel kulit dari kerusakan.

Kolagen yaitu protein utama yang membentuk struktur kulit Anda. Produksinya dapat menurun akibat penuaan dan radikal bebas dari lingkungan. Vitamin C-lah yang akan membantu menjaga produksi kolagen sehingga kulit senantiasa sehat.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *