Momen Unik di Peringatan HPN 2023, Forkopimda Kota Sukabumi Wawancarai Wartawan

SUKABUMI, HALOSMI – Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2023 dan hari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) ke-77 tingkat Kota Sukabumi yang digelar di Balai Kota Sukabumi, dihiasi hal unik, pada Kamis 9 Februari 2023. Hal unik itu terjadi usai menyelenggarakan syukuran HPN, yang dimana biasanya wartawan mewawancarai para pejabat daerah.

Namun kini berbalik, Wali Kota Sukabumi, Achamd Fahmi, dan Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sy. Zainal Abidin, serta perwakilan Kodim 0607 Kota Sukabumi malah mencegat dan mewawancarai Ketua PWI Kota Sukabumi, Mohamad Satiri.

“Bersyukur dua momen ini bisa disatukan sebagai bentuk apresiasi pemerintah kepada media yang telah berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan,” ujar Fahmi, kepada wartawan.

Baca juga: Berikan Kado Spesial di HPN 2023, Kadishub Jadi Driver Bus Tayo

Fahmi pun mengajak diperingatan HPN dan HUT PWI ke-77 ini dengan semangat menguatkan kebersamaan antara semua elemen masyarakat. HPN yang mengusung tema peringatan ‘Pers Merdeka, Demokrasi Bermartabat’ tersebut, sesuai dengan kondisi saat ini.

“Saat ini banyak informasi yang sifatnya hoaks. Sehingga mudah berseteru karena informasi hoaks. Maka disinilah peran media untuk bisa lebih menjadi media profesional dan mampu menghadirkan informasi terbaik,” jelasnya.

Baca juga: Ini Rangkaian Acara Puncak Hari Pers Nasional 2023 di Medan

Menurut Fahmi, terdapat tiga tantangan media seiring era Volatility, Uncertainty, Complexity, dan Ambiguity (VUCA) saat ini. Yakni, bagaimana peran pers menghadirkan informasi smart yang sifatnya mengedukasi masyarakat.

“Jadi bukan sebatas jadi viral atau sifatnya justru mengundang permasalahan,” tuturnya.

Fahmi mengatakan, di era VUCA ini Pers harus dapat memberikan informasi yang terupdate sekaligus memberi edukasi dengan masalah yang ada. Selain itu, sebut dia, bagaimana Pers memiliki peran mengawal amanat rakyat dalam pesta demokrasi.

“Ini karena tahun depan bukan hanya tahun politik saja, melainkan bulan politik. Sebab, ketika selesai tahapan Pilpres dan Pileg, dilanjutkan Pilkada, baik kota kabupaten dan provinsi,” paparnya.

Ia mengulas, media menjadi corong agar masyarakat mengikuti kegiatan pemilihan sehingga paritisipasi meningkat dan meredam konflik terkait pesta demokrasi.

“Sinergi pentahelix ke depan bukan hanya dengan pemda, TNI, dan Polri, tapi berkolaborasi dengan unsur lain,” imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua PWI Kota Sukabumi, Mohamad Satiri, menjelaskan rangkaian kegiatan HPN ini akan terus berlangsung dengan di isi berbagai perlombaan.

“Pada HPN dan HUT PWI tahun ini, ada bebedapa rangkaian kegiatan, mulai lomba futsal, hingga kegiatan lomba jurnalistik untuk para pelajar,” jelasnya. 

Ia mengucapkan, terimakasih kepada Forkopimda yang selalu memberikan perhatian terhadap HPN. Ini salah satu bukti sinergitas yang terjalin dengan sangat baik antara insan Pers dan Forkopimda.

“Kami tetap bersinergi dengan Forkopimda. Namun tetap tidak mengesampingkan fungsi kami sebagai kontrol sosial,” pungkasnya. (**)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *