Selain Operasi, Kamu Bisa Mengobati Amandel Dengan 4 Cara ini

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Radang amandel disebabkan oleh infeksi virus atau bakteri. Beberapa jenis virus yang menjadi penyebab radang amandel adalah virus yang juga menyebabkan batuk atau flu.

Baca juga : Minum Segala Macam Obat Tapi Tetap Tidak Sembuh ? Ramuan Alami ini Bisa Meredakan Sakit Gigi

Gejala utama radang amandel adalah pembengkakan amandel dan rasa sakit ketika menelan. Kondisi ini juga dapat menimbulkan gejala lain, seperti suara serak, demam, bau mulut, batuk, dan sakit kepala.

Baca juga : Minum Obat Aja Gak Cukup, Lakukan 4 Hal ini Ketika Kamu Mengalami Migrain

Sebagai informasi, cara mengobati amandel tak selalu perlu operasi. Dokter biasanya mengatasi masalah kesehatan ini sesuai akar penyebab mendasarnya. Kamu bisa lakukan pertolongan pertama dengan cara seperti di bawah ini :

Banyak Minum Air Putih

Untuk mempercepat pemulihan, penderita amandel radang dan bengkak perlu banyak minum air putih, minimal delapan gelas per hari. Tujuannya, agar tenggorokan tetap lembap dan mencegah dehidrasi selama penderita terserang infeksi ini. Untuk menambah asupan cairan, konsumsi jus buah kaya air tanpa gula seperti semangka, pir, melon, dan sebagainya.

Mengkonsumsi Asupan yang Menenangkan Tenggorokan 

Ketika penyakit amandel kambuh, biasanya kita tidak memiliki nafsu makan dan minum karena tenggorokannya sangat tidak nyaman. Namun, untuk mengobati amandel, sangat dibutuhkan asupan nutrisi bergizi setiap hari. Upayakan untuk tetap mengonsumsi makanan dan minuman yang menenangkan tenggorokan.

Kamu bisa mengonsumsi aneka sup, makanan berkuah, atau minum air hangat yang diberi sedikit madu. Hindari gorengan, keripik, atau makanan bertekstur terlalu keras

Kumur dengan Air Garam 

Seperti meredakan nyeri gigi, larutan air garam juga bisa digunakan sebagai obat alami amandel bengkak dan radang. Cara mengobati amandel radang dan bengkak dengan larutan garam cukup praktis. cukup kamu melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Gunakan larutan garam ini untuk berkumur selama beberapa kali sehari sampai sakit tenggorokan reda.

Banyak Istirahat 

amandel yang disebabkan infeksi virus tidak diobati dengan antibiotik. Dokter biasanya menganjurkan pasiennya agar banyak beristirahat dan menjalankan gaya hidup sehat sehingga proses pemulihan sakitnya bisa optimal.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Editor: Putri Ayu Ratna Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *