Seseorang Akan Mudah Sakit Jika Memiliki 4 Kebiasaan ini

Foto : doc. Tokopedia

HALOSMI.COM- Tanpa kita sadari ada beberapa kebiasaan yang bisa membuat kita mudah sakit. Padahal bisa memiliki tubuh yang sehat tentu menjadi dambaan setiap orang. Biasanya penyebab tubuh rentan sakit bisa karena berbagai hal. Beberapa di antaranya karena sejumlah kebiasaan seperti kurang sinar matahari, kurang tidur, serta tak mengatasi stres dengan baik.

Baca juga :Mau Tau Cara Membuat Link WhatsApp ? Simak Artikel ini

Kebiasaan-kebiasaan itu, bahkan jika terasa di luar kendali, dapat merusak tubuh atau jadi lebih gampang sakit. Berikut penjelasan lebih lanjut soal kebiasaan-kebiasaan yang bikin tubuh gampang sakit.

Baca juga : Gak Usah Bingung, Ini Cara Menghitung Berat Badan Ideal yang Benar

Tidak Cukup Gerak 

Ternyata hanya dengan kita memiliki kebiasaan rebahan, berdiam diri saja itu bisa membuat tubuh kita gampang sakit. Apalagi jika kita hanya duduk seharian di depan laptop setiap harinya itu akan menekan sistem pencernaan kita, yang bisa menyebabkan kembung juga sembelit.

Padahal mengajak tubuh bergerak dapat dilakukan dengan cara apa pun, bahkan sekadar naik turun tangga rumah yang meningkatkan detak jantung. “Jantung perlu ditantang dan bukan karena kecemasan dan stres tetapi melalui olahraga,” kata Rose.

Sebuah studi tahun 2017 mengungkapkan bahwa wanita yang aktif memiliki tingkat mikroba yang meningkatkan kesehatan lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidak banyak bergerak.

Kurang Asupan Vitamin D

Akan sia-sia rasanya jika seseorang makan banyak agar tetap sehat jika ternyata apa yang di konsumsi tidak ada satupun memiliki kandungan vitamin D.

Hal ini dikarenakan kurangnya vitamin D dalam tubuh dapat meningkatkan risiko depresi, sistem daya tahan tubuh yang melemah, dan penyakit lainnya. Untuk bisa mendapatkan vitamin D yang cukup, cukup dengan mengkonsumsi makanan seperti ikan berlemak, kuning telur, jamur, atau susu dan jus yang diperkaya.

Kebiasaan Tidur yang Buruk 

Menurut penelitian, kurang tidur yang berkualitas berkontribusi pada banyak kondisi kesehatan, termasuk penyakit jantung, sindrom metabolik obesitas, fungsi otak yang buruk dan tentu saja, kelelahan. Maka dari itu jangan coba-coba untuk begadang setiap harinya karena ini akan membuat kamu mudah sakit.

Usahakan untuk tidak menggunakan smartphone, TV, laptop, dll setidaknya satu jam sebelum tidur. Hal ini disebabkan karena adanya cahaya biru yang dipancarkan dari layar TV, komputer, dan smartphone di malam hari membuat kita tidak bisa tidur dengan normal.

Kurang Minum Air Putih 

Air merupakan salah satu asupan penting untuk bahan bakar sel, menjaga fungsi otak, dan menunjang kinerja organ tubuh. Untuk menjaga tingkat hidrasi tubuh, pasokan cairan terbaik bisa diperoleh dari minum air putih

Perlu diketahui, kebutuhan cairan setiap orang berbeda-beda, tergantung tingkat aktivitas, suhu, dan kondisi kesehatan masing-masing orang. Rata-rata, orang dewasa perlu minum air sebanyak delapan atau sembilan gelas per hari.

Tanpa asupan air yang cukup dan terlalu banyak kehilangan air dan mineral, akan terjadi penurunan kinerja kognitif dan berdampak pada keterampilan psikomotor, memori dan kesehatan kita.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *