Wisata  

Tahukah Kamu, di Wilayah Ini Dilarang Mengambil Kerikil dari Pantai Loh!

HALOSMI.COM- Tahukah kamu di berbagai negara ternyata banyak hukum dan larangan yang unik, Nah Salah satunya di salah satu wilayah di Inggris yakni dilarang mengambil kerikil dari pantai.

Dewan Cumberland, Inggris, telah menetapkan denda hingga 1.000 Euro atau Rp 17,5 juta bagi siapapun yang mengambil kerikil dari pantai. Menurut ilmuwan, larangan ini berdampak baik untuk alam.

Pasir dan kerikil merupakan habitat penting bagi beragam makhluk. Pasir dan kerikil juga memberikan perlindungan alami bagi rumah dan bangunan dari gelombang laut.

Namun, respons aturan ini tidak selalu positif. Menurut laporan yang dikutip dari ScieneAlert, banyak orang menganggap aturan ini tak masuk akal.

Bagi banyak orang, mengunjungi pantai membawa kembali kenangan masa kecil yang menyenangkan. Beberapa orang kadang membawa pulang satu atau dua kerikil untuk dipajang di rumah.

Termasuk Pelanggaran Hukum

Untuk melindungi ekosistem pantai, Inggris ternyata telah menetapkan hukum bertahun-tahun yang lalu. Tepatnya melalui Undang-Undang Perlindungan Pesisir tahun 1949.

Aturan tersebut membatasi hilangnya ratusan ribu ton sedimen dari pantai oleh orang-orang yang mengekstraksi sedimen bebas untuk bahan bangunan.

Panjang pantai berkerikil di Inggris juga dilindungi secara hukum yang ditetapkan oleh Natural England.

Alasannya untuk melindungi makhluk lain yang menggantungkan hidupnya di kerikil itu. Nah bagi masyarakat yang tinggal di dekat pantai-pantai, ini dapat mengurangi erosi pantai dan banjir.

Volume pantai sangat penting untuk menentukan seberapa efektif pantai mengurangi kedua risiko tersebut. Dampaknya, semakin banyak kerikil dan sedimen di pantai, maka semakin mampu pantai menyerap energi gelombang.

Menghilangkan banyak kerikil, pasir atau sedimen lainnya membuat pantai kurang mampu bertindak sebagai penghalang alami terhadap banjir dan erosi.

Bagaimana Pengaruhnya?

Meskipun satu orang yang mengambil kerikil dari pantai mungkin tidak berdampak signifikan, efek kumulatif dari banyak orang yang membuang banyak kerikil akan lebih besar.

Menghilangkan kerikil dapat mengganggu proses pemilahan alami pantai dan mengganggu keseimbangan dinamis keseluruhannya.

Dalam iklim yang terus berubah, terdapat kebutuhan mendesak untuk menahan sedimen di pantai. Dengan tidak mengambil kerikil dari pantai, bisa melindungi bentuk alami pantai serta manfaatnya bagi ekosistem.

Nah Tak hanya di luar negeri, di Indonesia Pun kita harus bisa menjaga keindahan alam ya guys, tidak mengambil yang bukan hak kita dan tidak merusaknya.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *