Wisata  

Yuk! Mengenal Wisata Air Terjun yang di Selimuti Kabut

HALOSMI.COM- Kamu Tahu Gak sih di Jawa Barat ini ada loh wisata air terjun yang di selimuti kabut, tempatnya gak jauh dari Bogor dan Sukabumi. Nah wisata ini bernama Curug ngebul yang terletak di Cianjur.

Curug Ngebul memiliki ketinggian sekitar 100 meter. Mulut air terjun ini tidak terlalu lebar, muncul di antara sederet tebing tinggi dengan bebatuan berwarna terang dan tumbuh-tumbuhan di sekitarnya.

Air terjun ini mengalir tegak lurus dari tebing yang cukup datar, menambah keindahan alami tempat ini. Air yang jatuh ke kolam di bawahnya menciptakan suasana yang sangat menenangkan.

Di samping kolam, terdapat saluran irigasi yang juga berfungsi sebagai penampung air dari Curug.

Daya Tarik Curug Ngebul

Lokasi Curug Ngebul yang cukup tersembunyi menjadikan udara di sekitar air terjun ini sangat segar, sejuk, dan bersih.

Keadaan alam yang belum banyak dieksplorasi manusia serta posisinya yang berada di area pegunungan tinggi, lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut (mdpl), memberikan kesejukan alami yang sulit ditemukan di tempat lain.

Untuk mencapai Curug Ngebul, wisatawan harus melewati jalan setapak sepanjang sekitar 200 meter dari loket tiket. Jalan tersebut masih sangat alami, dengan tanah berbatu yang menantang.

Namun, setelah melewati jalan yang cukup menanjak dan menantang tersebut, wisatawan akan disuguhkan pemandangan air terjun yang menawan, yang mampu mengobati rasa lelah setelah perjalanan.

Lokasi Curug Ngebul

Curug Ngebul terletak di Rawasoro, Desa Bunijaya, Kecamatan Pagelaran, Cianjur, Jawa Barat. Air terjun ini cukup jauh dari pusat Kota Cianjur, sekitar 72 kilometer, dan membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor.

Untuk mencapai lokasi ini, wisatawan dapat mengambil rute melalui Jalan Cianjur-Sukanegara, terus menuju Cipari, dan kemudian belok ke Desa Bunijaya.

Setelah itu, carilah penunjuk arah bertuliskan Kampung Oro dan belokkan kendaraan sesuai arah tersebut. Jika kesulitan, wisatawan bisa menggunakan GPS atau bertanya kepada warga setempat.

Aktivitas Menarik di Curug Ngebul
Salah satu kegiatan yang menarik untuk dilakukan di Curug Ngebul adalah berenang di kolam penampungan air.

Kesegaran dan kejernihan air akan membuat tubuh terasa lebih bugar. Namun, jika tidak merasa fit atau tidak bisa berenang, wisatawan sebaiknya hanya bermain air di tepi kolam sambil duduk santai.

Keindahan Curug Ngebul juga dapat dinikmati dengan cara mengapung sambil bersantai di kolam menggunakan balon pelampung besar. Selain itu, wisatawan bisa bersantai di saung-saung yang tersedia dan menikmati keindahan alam sekitar.

Terdapat area terbuka yang cukup lapang di dekat air terjun, yang bisa digunakan untuk berkemah dan menikmati keindahan Curug sepanjang malam.

Aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan adalah berfoto-foto. Ada beberapa spot foto yang indah di sekitar Curug Ngebul, namun pada dasarnya air terjun ini sudah sangat menawan sehingga tanpa spot foto khusus pun, hasil jepretan kamera tetap akan terlihat menarik.

Fasilitas di Kawasan Wisata

Fasilitas di Curug Ngebul mungkin tidak selengkap tempat wisata lainnya, namun cukup untuk memenuhi kebutuhan dasar wisatawan.

Di sini terdapat saung-saung untuk beristirahat, toilet untuk membersihkan diri, area parkir, warung, dan beberapa spot foto.

Curug Ngebul merupakan air terjun cantik dengan kepulan uap air yang menutupi area luas, memberikan kesan seperti tempat dari negeri dongeng.

Kondisi alam yang sedikit terisolasi dan dibentengi oleh tebing tinggi serta besar di salah satu sisinya semakin memperkuat kesan tersebut.

Keindahan alami dan kesejukan udara di Curug Ngebul menjadikannya destinasi yang patut dikunjungi bagi para pencinta alam dan wisatawan yang mencari ketenangan.

Itulah ulasan lengkap tentang Curug Ngebul, air terjun indah yang tersembunyi di Cianjur, Jawa Barat.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *