“bjb

Ternyata Ini 4 Kebiasaan Buruk yang Menyebabkan Gigi Cepat Rusak

Foto : Doc. Akurat.co

HALOSMI.COM- Gigi merupakan bagian yang sangat penting di dalam mulut dan merupakan awal tubuh yang menerima makanan, cairan, dan juga salah satu organ yang terlibat dalam proses pencernaan. Ketika seseorang mengonsumsi makanan  akan terlebih dahulu masuk mulut dan di proses oleh gigi untuk menghancurkan makanan tersebut.

Baca juga : Hindari Makanan Ini Demi Menjaga Gigi Sehatmu !

Fungsinya dalam proses pencernaan membuat gigi semakin perlu untuk dirawat dan dijaga kesehatannya. Namun, ada beberapa individu yang masih memiliki kesadaran yang rendah untuk memelihara jaringan tubuh yang satu ini. Faktanya, ada beberapa kebiasaan buruk yang mampu membuat gigi semakin cepat rusak. Berikut diantaranya.

Baca juga : Minum Segala Macam Obat Tapi Tetap Tidak Sembuh ? Ramuan Alami ini Bisa Meredakan Sakit Gigi

Menggosok Gigi Terlalu Keras 

Foto : Doc. Promilenial

Banyak orang yang melakukan hal ini mungkin dengan tujuan agar gigi lebih bersih atau bahkan sedang buru-buru. Padahal, hal tersebut nyatanya hanya akan merusak enamel pada gigi. Nah, ketika lapisan ini rusak, maka gigi akan menjadi sangat sensitif, khususnya terhadap makanan dan minuman yang dingin.

Mengigit Es Batu 

Foto : Doc. Parapuan

Mungkin beberapa dari kamu ada yang memiliki kebiasaan untuk mengunyah es batu setelah selesai menghabiskan minuman yang ada. Apalagi Es batu yang sudah di rendam oleh segelas sirup di siang hari yang sangat segar. Namun ternyata hal inilah yang sangat tidak boleh dilakukan. Mengunyah makanan yang sedingin dan sekeras es batu dapat berpotensi membuat gigi jadi rusak. Alhasil, kamu pun mengalami sensasi sakit gigi yang bikin ngilu dan tak nyaman.

Gigi dijadikan Gunting Darurat

Foto : Doc. KlikDokter

Ketika kita sedang berada diluar rumah dan mengharuskan kita membuka sesuatu seperti kantong ciki, tutup botol bahkan hal yang memiliki tekstur yang keras gigilah yang menjadi andalannya. Bahkan sudah menjadi rahasia umum jika fungsi gigi adalah untuk memotong atau mengunyah makanan yang masuk ke dalam mulut.

Padahal disadari atau tidak, ternyata kebiasaan ini juga akan berpengaruh terhadap kesehatan dan kekuatan gigi itu sendiri, lho. Jadi, segera hentikan kebiasaan buruk seperti ini.

Mengkonsumsi Makanan Manis yang Berlebih 

Foto : Doc. Parenting

Ketika seseorang terlalu sering menyantap sajian dengan kandungan gula yang tinggi, maka produksi air liur akan menjadi terhambat. Ketika hal ini terjadi, sisa-sisa makanan yang ada di mulut akan terselip di sela-sela gigi dan menyebabkan bakteri mudah bersarang serta mampu menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan pada gigi.(*)

 

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *