Terungkap! Orang Tak Dikenal Lempar Sabu ke Lapas Nyomplong, Petugas Berhasil Mengamankan Pelaku

SUKABUMI, HALOSMI.COM – Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sukabumi berhasil mengamankan seorang pelaku penyelundupan barang, diduga narkoba jenis sabu dengan cara melempar dari luar tembok penjara, pada Rabu malam 22 Februari 2023, sekira pukul 20.26 WIB.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, terduga pelaku inisial MIM (25) itu melempar makanan bakso yang diduga didalamnya berisikan narkoba jenis sabu.

Baca juga : Diskumindag dan Satgas Pangan Lakukan Pengawasan Pendistribusian Minyakita di Pasar Kota Sukabumi

Sebelumnya, Kepala Kesatuan Pengamanan Lembaga Pemasyarakatan (KPLP) Kelas II B Sukabumi, Rapril Rhamadonna Rachmat, membentuk tim yang bertugas mengawasi area lingkungan luar Lapas sebagai tindak lanjut dari terjadinya beberapa kali pelemparan barang diduga narkoba dalam sebulan terakhir ini. Tim yang dibentuk itu disebar diarea titik-titik rawan untuk memantau orang yang mencurigakan.

Kepala Lapas Sukabumi, Christo Victor Nixon Toar, mengatakan penggagalan penyelundupan barang diduga narkoba jenis sabu itu bermula dari kecurigaan petugas yang mendapati seseorang yang mengawasi di sekitar luar tembok Lapas.

“Jadi pada pukul 20.56 WIB, tim kami menemukan orang yang mencurigakan sedang berdiam diri, dan mengawasi disekitar luar tembok lapas. Benar saja, terpantau yang bersangkutan melakukan pelemparan bakso yang diduga berisi narkoba,” ujar Christo, kepada HALOSMI.COM, saat dihubungi melalui aplikasi perpesanan, Kamis 23 Februari 2023.

Akibat perbuatannya, kata Christo, petugas yang ada langsung mengejar pelaku pelemparan tersebut dan akhirnya tertangkap oleh CPNS yang juga sebagai tim yang memantau.

“Setelah berhasil tertangkap, pelaku tersebut kami amankan kedalam Lapas, untuk dimintai keterangan,” jelasnya.

Berdasarkan keterangan pelaku pelemparan, lanjut Christo, pelaku mengaku telah melakukan aksinya dua kali, yang pertama pada pukul 19.00 WIB melakukan pelemparan ke arah beranggang timur. Sedangkan yang kedua pada pukul 20.56 WIB di arah barat Lapas, tepatnya di samping pasmart.

Baca juga : Sebanyak 322 Calon Pelanggan PDAM TBW Sudah Daftarkan Program Pasang Baru Gratis

“Setelah kita memeriksa bakso yang dilemparkan oleh pelaku ke dalam Lapas. Terbukti ada satu bungkus paket yang diduga narkoba jenis sabu,” ungkapnya.

Dari penangkapan tersebut, Kepala KPLP memerintahkan untuk menyisir kembali area Lapas, dan hasilnya ditemukan kembali barang diduga narkoba jenis sabu yang dibalut didalam bakso yang sudah dilemparkan sebelumnya.

“Akibat adanya kejadian tersebut, kami langsung berkoordinasi dengan pihak kepolisian, sekaligus menyerahkan pelaku berikut barang buktinya untuk proses hukum lebih lanjut,” pungkasnya. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *