Tekno  

Tips Memilih Laptop yang Tepat Untuk Mahasiswa

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM – Laptop adalah alat terbaik untuk melakukan pekerjaan karena dapat mudah dibawa sehingga bisa dioperasikan kapanpun dan dimanapun. Barang ini sangat penting sekali untuk para pekerja atau bahkan mahasiswa. Bahkan laptop sudah menjadi alat essential di zaman digital seperti sekarang, tapi banyaknya jenis laptop terkadang dapat membingungkan kita dan menjadi sulit dalam memilih.

Baca juga : Hati-hati, Ini Dia Ciri Modus Penipuan Lewat WhatsApp !

Banyak mahasiswa yang malah kebingungan dalam memilih laptop mana yang cocok digunakan untuk mereka mengerjakan tugas ataupun membuat skripsi. Meskipun ada banyak pilihan untuk ukuran, kinerja, sistem operasi, dan harga, ini memberi kamu kemampuan untuk mendapatkan laptop yang sempurna untuk kebutuhan kamu.

Namun jangan khawatir, kali ini penulis bisa membantu kamu dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan dasar kamu. Berikut bagian dari setiap komponen utama yang ingin kamu ketahui saat membeli.

1. Tentukan Kapasitas Memori RAM 

RAM, memori akses acak adalah apa yang digunakan laptop kamu untuk menyimpan data sementara prosesor yang melakukan banyak hal. Semua hal yang sedang dikerjakan sekarang harus bisa muat pada RAM.

Jika RAM terlalu kecil atau kehabisan RAM, kamu tidak akan dapat membuka apa-apa lagi atau menyelesaikan pekerjaanmu. Akhirnya laptop akan membeku dan perlu di-restart. Idealnya laptop sekarang setidaknya memiliki RAM sebesar 8GB dan 16GB. Bagi kebanyakan orang, 32GB atau lebih sudah lebih dari cukup hingga 64GB ke atas.

Untuk sekelas mahasiswa tingkat akhir ataupun yang memang sedang menjalankan praktik seperti grafis, membuat sebuah ilustrasi ataupun hal lain yang membutuhkan memori besar,minimal kamu menggunakan RAM sebesar 6-8GB.

2. Perhatikan Kapasitas Baterai 

Ini termasuk hal yang harus diperhatikan ketika kamu akan membeli laptop. Hal penting yang harus dicari di sini adalah pengisian baterai yang cepat. Sama seperti smartphone, banyak laptop baru juga mendukung pengisian baterai dengan cepat, yang selalu bagus dalam keadaan darurat.

Baca juga :Jangan Sampai Laptopmu Rusak ! Ini Cara Merawat Laptop Agar Tetap Awet

Jika laptop yang kamu minati direncanakan untuk menggunakan di pangkuan kamu, meskipun di rumah dan atau di kantor maka kamu memerlukan daya tahan setidaknya 7 jam, baterai dengan daya lebih dari 8 jam ideal. Untuk menentukan masa pakai baterai kamu bisa mencari sumber yang objektif.

3. Pilih SSD bukan HDD

Storage Drive yang lebih penting daripada kecepatan CPU adalah kinerja drive penyimpanan. Jika kamu mampu membelinya dan tidak membutuhkan banyak penyimpanan internal, dapatkan laptop dengan solid state drive daripada hard drive. Hal ini dikarenakan SSD akan menawarkan kecepatan yang jauh lebih cepat secara keseluruhan.

4. Pilih Ukuran dan Bentuk 

Ukuran layar sebuah laptop saat ini mulai dari 11 inci sampai 17 inci. Dari segi ukuran yang pas, laptop dengan ukuran 14 inci atau 15 inci lebih cocok bagi mahasiswa dan pelajar yang dapat membantu kamu untuk mendapatkan tampilan layar yang lebih luas dan jelas. Jika kamu menginginkan laptop yang lebih compact, ukuran 13 inci bisa menjadi pertimbangan.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *