“bjb
Tekno  

Tips Menjaga Keamanan Twitter Agar Tidak Mudah di Retas

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Mengingat beberapa waktu lalu media massa diramaikan oleh kasus pembajakan akun media sosial Twitter Ketua Divisi Hukum dan Advokasi Partai Demokrat, Ferdinand Hutahaean. Akibat kasus pembajakan tersebut, Ferdinand melaporkan kasus tersebut ke Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri.

Baca juga : 4 Penyebab Akun Instagram Kamu Kena Suspend

Untuk mencegah hal tersebut terjadi, ada empat tips yang bisa diterapkan untuk mengamankan akun Twitter pengguna.

Baca juga : Waw Gak Cuman Instagram, Ternyata Kita Juga Bisa Mengunci Akun Facebook Untuk Menjaga Privasi Loh

Aktifkan Verifikasi Login dan Verifikasi Reset Kata Sandi

Mengaktifkan verifikasi login atau 2 factor authentication (2FA) memberikan lapisan keamanan tambahan untuk akun dengan mengirimkan One Time Password (OTP) ke ponsel pengguna.

Sedangkan verifikasi reset kata sandi berarti bahwa jika pengguna pernah lupa kata sandi, nantinya akan diminta memasukkan alamat surel dan/atau nomor telepon untuk mengirim tautan setel ulang kata sandi.

Jangan Klik Tautan yang Mencurigakan atau Tidak dikenal

Jika pengguna mengklik tautan dan menemukan diri pada halaman yang menyerupai halaman login Twitter, jangan masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda. Sebagai gantinya, buka twitter.com dan masuk langsung dari beranda Twitter.

Apalagi jika ada seseorang yang mengirimi pengguna tautan di Twitter yang terlihat mencurigakan, meskipun itu dari seseorang yang dikenal. Twitter mengingatkan jangan mengkliknya.

Gunakan Kata Sandi yang Kuat dan Tidak digunakan di Situs Web Lain

Kata sandi adalah aspek yang paling penting yang harus kita perhatikan. Kata sandi pengguna harus sepanjang setidaknya 10 karakter serta menggunakan campuran huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Gunakan frasa sandi, bukan kata sandi. Jangan menggunakan kata atau frasa kamus umum.

Hindari menggunakan kata sandi yang mudah di lacak seperti tanggal lahir, angka berderet ataupun yang mudah ditebak. Gunakan sandi yang serumit mungkin, agar tidak lupa, simpan di notes atau memo hpmu.

Twitter Hanya Menghubungi Pengguna Melalui Aplikasi atau Email yang dikirim Dari Alamat @twitter.com

Dalam blog resminya, Twitter mengungkap pihaknya tidak pernah meminta pengguna untuk memberika kata sandi melalui email, Direct Message atau membalas.

“Kami tidak akan pernah meminta Anda untuk mengunduh sesuatu atau masuk ke situs web di luar Twitter.com. Kami tidak akan pernah menghubungi Anda melalui saluran sosial lainnya, misalnya WhatsApp. Jangan pernah membuka lampiran atau memasang perangkat lunak apa pun dari email yang mengklaim berasal dari kami tetapi tidak dikirim dari alamat email @twitter.com. Ini bukan berasal dari tim kami!,” tulis Twitter dalam blog resminya.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *