News  

Upaya Atasi Kemacetan di Bandung Raya, Gubernur Ridwan Kamil: Sudah Kami Mulai

HALOSMI.COM – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menegaskan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar sudah memulai upaya mengatasi kemacetan di wilayah Bandung Raya.

“Jadi poinnya mengatasi masalah itu (kemacetan di Bandung Raya) kami sudah memulai belum memanen,” kata Ridwan Kamil, di Gedung Sate, Kota Bandung, seperti dikutip dari ANTARA, Senin 13 Februari 2023.

Gubernur Ridwan Kamil menegaskan upaya mengatasi kemacetan Bandung Raya dilakukan secara bertahap dan tutup.

BACA JUGA: Mau Tampil Lebih Fresh ? Gunakan 4 Pilihan Warna Outfit ini

Dia mengatakan Pemprov Jabar selama ini bukan tanpa upaya menyikapi permasalahan kemacetan.

Ia menuturkan saat ini baru terbentuk Badan Cekungan Bandung sebagai wadah untuk berkoordinasi menyelesaikan masalah lintas wilayah termasuk transportasi massal.

“Kemudian BRT sudah dimulai yang berproses,” kata dia lagi.

Dinas Perhubungan Kota Bandung menyatakan jumlah kendaraan di Kota Bandung mendekati angka populasi penduduk Kota Kembang ini.

Data Dinas Perhubungan Kota Bandung menyebut, jumlah kendaraan saat ini mencapai 2,2 juta unit, sementara populasi penduduk Kota Bandung berjumlah 2,4 juta jiwa.

BACA JUGA: Jauh dari Tuntutan JPU, Bharada Eliezer Cuma Divonis 1,5 Tahun Penjara

Ini artinya setiap orang di Kota Bandung memiliki satu kendaraan dan situasi tersebut menyebabkan kepadatan kendaraan di Kota Bandung kian meningkat.

Menyikapi hal tersebut, Gubernur Ridwan Kamil mengatakan tingginya angka kendaraan di Kota Bandung dipengaruhi kebijakan ekonomi manufaktur kendaraan di Indonesia yang tidak memiliki aturan batasan.

“Tidak bisa dihindari karena politik ekonomi manufaktur kendaraan kan tidak ada pembatasan. Kalau di Singapura itu ada kuotanya sehingga populasinya tetap, penduduknya berapa,” kata. (*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *