Ragam  

4 Cara Menghadapi Orang yang Egois

Foto : Doc. Popmama.com

HALOSMI.COM- Terkadang kita berpikir bahwa saat kita memperlakukan seseorang dengan baik, maka mereka akan melakukan hal yang sama yaitu memperlakukan kita dengan baik juga. Padahal, kita tidak dapat merubah sifat atau perilaku orang lain jika mereka sendiri tidak mau melakukannya. Termasuk orang yang egois.

Baca juga : Kenali Ciri-ciri Hubungan Toxic yang Akan Membuat Mentalmu Terganggu !

Biasanya orang yang egois memiliki ciri seperti, selalu mengutamakan diri sendiri, hanya peduli pada kebutuhan dan keinginan mereka, tidak dapat melihat perspektif orang lain bahkan tidak peduli pada orang lain.

Baca juga : Terkadang Kita Harus Bersikap Bodo Amat Pada Suatu Hal : Begini Triknya

Yang perlu kamu ketahui, orang yang sangat egois itu bahkan bisa berbohong atau memanipulasi untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Kemudian, mereka juga bisa melakukan segala hal atau membuat segala sesuatu berjalan sesuai dengan rencana mereka. lalu bagaimana cara menghadapi orang terdekat kita yang memiliki sifat egois ? Simak caranya dibawah ini.

1. Jangan di Ambil Hati 

Ketika kamu mengetahui orang tersebut adalah orang yang egois, lebih baik hiraukan saja soal apa yang dia perbuat kepadamu. Jangan di ambil hari apalagi kamu menjadikannya beban fikiran. Karena kalau kamu sering memikirkan hingga pusing akibat tingkah lakunya, yang ada kamu akan lebih mudah untuk dimanipulasi.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk dilakukan pembatasan agar orang yang egois bisa melakukan apa yang diinginkan dan tentunya tidak berdampak ke dalam kehidupan kamu.

2. Membatasi Diri 

Menetapkan batasan yang sehat akan memudahkan kamu untuk mengomunikasikan semua keinginan, saat kamu berinteraksi dengan orang egois. Apabila hubungan atau pertemanan yang kamu jalani menjadi stres dan menguras tenaga, ada baiknya untuk menarik diri.

Menghabiskan banyak waktu dengannya hanya akan membuatmu makan hati. Jadi, sebisa mungkin kurangi waktu bersamanya, bahkan jangan hubungi mereka kalau mereka tidak menghubungimu terlebih dahulu.

3. Menegurnya 

Kalau kamu hanya diam saja diperlakukan semena-mena oleh orang yang egois, itu hanya akan membuatmu dirugikan dan sakit hati. Kamu harus berani mengambil langkah, setidaknya tegurlah ia taoi dengan cara yang baik. Bicarakan apa sifatnya yang membuatmu tak senang dan harus dirubah darinya. Daripada makan hatis terus-terusan, lebih baik omongkan secara terus terang.

4. Cari Lingkungan Baru

Jika temanmu tidak mau berubah bahkan setelah kamu nasihati baik-baik. Berhubungan dengan mereka tentu harus membuatmu menyiapkan kesabaran yang lebih besar. Kamu juga perlu menyadari bahwa orang tidak akan berubah jika dia sendiri tak mau berubah. Kalau kamu sudah berusaha tapi tak ada hasilnya, mungkin sudah saatnya untuk meninggalkan orang tersebut dan mencari teman baru untuk menciptakan lingkungan yang baru.

Jangan birkan orang yang egois mengambil alih kehidupanmu, karena kalau semakin dituruti mereka akan semakin menginjakmu. Pilihannya hanya ada dua, komunikasikan dengannya atau tinggalkan.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *