4 Hal Utama yang Harus dilakukan Untuk Menghilangkan Rasa Malas

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Pada umumnya, orang malas bisa diartikan dengan sengaja tidak melakukan kegiatan yang sebenarnya bisa dia lakukan. Bahkan kondisi ini juga bisa memicu kebiasaan malas gerak alias mager yang berujung pada berbagai masalah kesehatan.

Baca juga : Agar Tidak Salah Alamat dan Barang Sesuai Pesanan, Pastikan 4 Hal ini Sudah Kamu Cek Sebelum di Checkout : Tips Belanja Online

Rasa malas bisa saja muncul tiba-tiba atau bertahap, dan cenderung tidak kita sadari. Tanpa terasa, dampaknya bukan hanya terjadi masalah pada kesehatanmu, namun hal ini dapat mengganggu kinerja maupun motivasimu.

Lalu, hal apa yang harus dilakukan untuk kita menghilangkan rasa malas yang selalu menghantui ? Yuk simak 4 hal utama yang harus kamu lakukan di artikel ini.

Mencari Tahu Penyebabnya 

Sebelum kamu melakukan hal yang berat untuk bisa menghilangkan rasa malasmu, kamu harus mengetahui terlebih dahulu apa sebenarnya yang bisa membuat kamu menjadi malas tak karuan seperti ini. Cobalah untuk meluangkan sedikit waktumu untuk introspeksi diri agar kamu bisa tahu pasti faktor yang memicu rasa malasmu.

Rasa lelah, kewalahan, atau bahkan takut mungkin saja menjadi dalang di balik rendahnya motivasimu untuk beraktivitas. Kamu juga bisa memulai proses tersebut dengan mencatat aktivitas harian yang kamu lakukan, setidaknya selama 1 minggu.

Baca juga : Jangan Panik! Lakukan 4 Terapi Madiri ini untuk Penyembuhan Penyakit Asma

Aktivitas ini akan membuatmu lebih mudah mendeteksi kegiatanmu dan menemukan pola yang mungkin menjadi celah kemalasanmu. Apabila rasa malas muncul karena rasa lelah, beristirahatlah sejenak dan fokuskan diri untuk rileks. Dan jika penyebabnya adalah kewalahan karena terlalu banyaknya tugas, ada baiknya kamu mundur sesaat guna mengatur prioritasmu dan mengatasinya satu per satu.

Berfikir Positif 

Ketika kamu sudah menyadari apa hal yang membuat kamu menjadi malas, cobalah kamu menyingkirkan fikiran negatif di kepalamu. Kamu harus bisa menanamkan fikiran positif agar bisa kembali bersemangat untuk menghadapi dan menjalani hari-harimu.

Support System terbaik adalah dirimu sendiri, maka dari itu yakini diri sendiri bahwa kamu bisa menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan hari ini juga. Jangan menunda-nunda pekerjaan yang bisa kamu kerjakan. Bila kamu tidak memulainya, tidak akan ada yang selesai!

Mengatur Jadwal 

Salahsatu yang dapat mencegah rasa malas adalah dengan kita berusaha untuk bisa menjadi manusia yang disiplin. “Times is money”, Jangan menyia-nyiakan waktumu untuk melakukan hal yang tidak penting yang bisa membuatmu menjadi malas. Kamu bisa memanage waktumu di mulai dari hal yang terpenting.

Cobalah  untuk membuat jadwal kegiatan setiap harinya, sehingga kamu memiliki target untuk bisa menyelesaikan sesuatu dengan tepat waktu. Bila perlu, berikan batas waktu atau deadline pada diri sendiri dalam menyelesaikan suatu kegiatan maupun pekerjaan. Tidak hanya terbatas pada rutinitas di kantor, tapi juga aktivitas pribadi. Contohnya waktu yang kamu habiskan untuk makan atau menelusuri sosial media.

Hindari Mengeluh Berlebih

Sebagai manusia sangat wajar rasanya jika memiliki titik terendah dalam hidup dan mengeluh. Namun janganlah kamu mengeluh secara berlebihan karena itu akan mematikan semangatmu untuk bisa melangkah, belajarlah untuk lebih bersyukur.

Dengan banyak bersyukur dan tanpa mengeluh semuanya akan berjalan dengan lancar tanpa adanya beban yang berlebih sehingga bisa membuatmu semangat untuk menjalani aktifitas.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *