4 Manfaat ini Akan Kamu Dapatkan Jika Rutin Minum Jus Bayam Setiap Pagi

Foto: Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Bayam adalah sayuran yang mengandung banyak nutrisi penting yang akan membuat tubuh kamu semakin sehat dan kuat. Bayam mentah atau yang tidak diproses sangat kaya akan sarat dengan karoten, asam amino, zat besi, yodium, kalium dan magnesium, serta vitamin A, C, K, E dan B kompleks. Mineral yang ditemukan dalam sayuran inipun bersifat basa dan membantu menyeimbangkan tingkat pH dalam tubuh.

Baca juga : Jamu Kunyit Asam Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Lho

Selain di jadikan sebagai menu makanan, bayam juga akan lebih bernutrisi jika dikreasikan menjadi jus. Jus bayam juga dikaitkan dengan berbagai manfaat kesehatan yang sangat mengesankan, seperti di bawah ini :

Baca juga : 4 Manfaat Ubi Jalar Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan

Meningkatkan Kesehatan Mata 

Jus bayam kaya akan sarat dengan lutein dan zeaxanthin, dua antioksidan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan penglihatan. Peningkatan asupan zeaxanthin dan lutein dengan risiko katarak yang lebih rendah, suatu kondisi mata yang mengaburkan lensa mata.

Terlebih lagi, jus bayam kaya akan vitamin A, yang penting untuk kesehatan mata. Kekurangan vitamin ini dapat menyebabkan mata kering dan rabun senja.

Meningkatkan Kesehatan Rambut dan Kulit 

Jus bayam adalah sumber vitamin A yang sangat bagus, dengan hampir 63% nilai harian dalam 1 cangkir (240 mL). Vitamin ini membantu mengatur pembentukan sel kulit dan menghasilkan lendir untuk melindungi dari infeksi.Satu cangkir (240 mL) jus bayam juga mengandung sekitar 38% nilai harian untuk vitamin C, yang merupakan vitamin esensial yang larut dalam air sebagai antioksidan.

Studi menunjukkan bahwa vitamin C melindungi kulit kamu dari stres oksidatif, peradangan bahkan kerusakan kulit yang dapat mempercepat tanda-tanda penuaan. Selain itu, juga membantu mensintesis kolagen, protein jaringan ikat yang mendorong penyembuhan luka dan elastisitas kulit.

Menurunkan Pertumbuhan Sel Kanker 

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa senyawa tertentu dalam bayam dapat membantu memerangi pertumbuhan sel kanker. Dalam studi 2 minggu pada tikus, jus bayam dinilai dapat mengurangi volume tumor kanker usus besar sebesar 56%. Studi tikus lain menunjukkan bahwa monogalactosyl diacylglycerol (MGDG), senyawa pada bayam, meningkatkan efek terapi radiasi untuk membunuh sel kanker pankreas.

Selanjutnya, penelitian pada manusia menunjukkan bahwa makan lebih banyak sayuran hijau menurunkan risiko kanker paru-paru, prostat, payudara, dan kolorektal. Meskipun demikian, penelitian ini difokuskan pada asupan sayuran hijau daripada jus bayam secara khusus. Dengan demikian, diperlukan studi tambahan.

Membantu Program Diet 

Bayam kaya akan vitamin, zat besi, kalsium dan antioksidan. Mengonsumsi bayam membantu memenuhi kebutuhan kalsium dan zat besi yang biasanya ada pada daging dan susu.  Zat besi dan kalsium juga diperlukan dalam proses pembentukan energi tanpa menimbun lemak dan kolesterol.

Bayam juga kaya kandungan serat dan karbohidrat. Serat pada bayam ikut membantu melancarkan proses metabolisme dan menyehatkan pencernaan. Proses metabolisme yang baik akan membantu tubuh dalam penyerapan nutrisi dan pembakaran lemak lebih optimal. Maka dari itu bayam sangat cocok di gunakan untuk kamu yang sedang menjalani program diet.(*)

 

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *