4 Manfaat Penting Sarapan Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Foto : Doc. Rumah mesin

HALOSMI.COM- Sarapan adalah kegiatan makan dan minum yang dilakukan antara bangun pagi sampai jam 9 untuk memenuhi sebagian kebutuhan gizi harian (15-30% kebutuhan gizi) dalam rangka mewujudkan hidup sehat, aktif, dan produktif.

Baca juga : Pura-Pura Bahagia itu Butuh Tenaga, Yuk Simak Menu Sarapan yang Bisa Buat Kamu Berenergi !

Namun, masih banyak orang yang tidak terbiasa untuk sarapan di pagi hari sebelum memulai berbagai aktivitas. Berbagai alasan yang sering dilontarkan, seperti terburu-buru hingga tidak terbiasa, membuat sebagian orang melewatkan sarapan pagi. Padahal manfaat sarapan sangat banyak sekali bagi kesehatan tubuh. Berikut diantaranya :

Mengisi Energi Tubuh 

Untuk bisa melewati hari-hari dengan penuh aktifitas, kita membutuhkan banyak energi. Maka dari itu dengan sarapan pagi akan membuat kamu lebih berenergi sehingga rasa lapar dan lemas setelah bangun tidur tidak akan dirasakan lagi.

Baca juga : Cara Mengatasi Maag Kambuh di Tengah Malam dengan Mengkonsumsi Makanan ini

Sebab salah satu manfaat sarapan adalah mengisi kembali energi setelah tubuh cukup lama berpuasa. Layaknya ponsel, tubuh kamu juga butuh dilakukan pengisian daya (charging) jika sudah low bat sesegera mungkin.

Mengatasi Masalah Anemia 

Untuk kamu yang menderita masalah darah seperti anemia, maka sarapan di pagi hari adalah hal yang harus kamu lakukan dan tidak boleh terlewatkan.

Menu sarapan yang sehat dan bergizi dapat mengatasi masalah anemia yang kamu derita. Selain itu, pilih menu sarapan yang banyak mengandung vitamin agar tubuh kamu terhindar dari masalah kekurangan zat besi. Ketika awal memulai sarapan, usahakan untuk mengonsumsi buah-buahan.

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Sarapan di pagi hari dengan makanan yang mengandung antioksidan seperti buah-buahan akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi dapat membuat kamu lebih kebal, kuat, dan tidak mudah sakit. Risiko penyakit kronis juga bisa dengan mudah kamu hindari ketika kekebalan tubuh kamu baik.

Membantu Program Diet 

Pikiran untuk melewatkan sarapan pagi agar berat badan bisa cepat berkurang adalah salah. Malah sebaliknya, sarapan pagi dengan menu sehat dan bergizi akan meningkatkan metabolisme dan lebih mengontrol nafsu makan kamu. Sehingga jika dilakukan rutin dan disiplin, ini akan memberikan dampak yang signifikan untuk menurunkan berat badan kamu.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *