4 Tips Agar Tubuh Tetap Sehat di Kala Musim Hujan

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Belakangan ini cuaca sedang tidak bersahabat, sejak dari malam hingga pagi dan sore hari terus diguyur hujan yang tak henti-hentinya khususnya di daerah Sukabumi. Seperti yang kita ketahui musim hujan selalu identik dengan berbagai penyakit, seperti flu dan batuk. Hal ini bisa terjadi akibat penurunan sistem imun tubuh yang disebabkan oleh cuaca dingin. Bukan itu saja, cuaca dingin juga bisa meningkatkan penyebaran bakteri dan virus.

Baca juga : Ini dia 4 Penyakit yang Paling Sering Muncul Pada Saat Musim Hujan

Ketika pubahan suhu yang terjadi secara tiba-tiba, ini dapat menyebabkan penurunan daya tahan tubuh. Hal ini membuat kamu menjadi lebih rentan mengalami sejumlah keluhan kesehatan, yang bisa menurunkan produktivitas hingga gangguan aktivitas sehari-hari.

Baca juga : Sukabumi di Guyur Hujan, inilah Makanan yang Cocok untuk di Konsumsi !

Sebagai langkah pencegahan, sebaiknya kita mengetahui berbagai tips yang bisa dilakukan untuk menghindari penyakit di musim hujan, seperti :

Konsumsi Asupan Vitamin C 

Tidak harus menunggu musim hujan untuk mengkonsumsi vitamin C. Ketika semua musimpun seharusnya kita bisa memenuhi kebutuhan vitamin C di dalam tubuh kita agar memiliki daya tahan tubuh yang baik. Hal ini dikarenakan vitamin C menjadi salah satu vitamin yang sangat baik untuk mengoptimalkan sistem imun tubuh.

Maka dari itu ketika musim hujan seperti ini, jangan lupa perbanyak asupan makanan dengan kandungan vitamin C di dalamnya seperti jeruk, stroberi, brokoli, hingga bayam. Selain makanan, kamu juga bisa memenuhi kebutuhan vitamin C dengan mengonsumsi suplemen vitamin C.

Penuhi Kebutuhan Cairan Setiap Hari 

Perbanyak mengonsumsi air putih atau buah dengan kandungan air yang tinggi, sangat baik untuk mencegah dehidrasi di musim hujan. Pastikan juga untuk selalu mengonsumsi air putih yang matang dan kebersihannya terjaga dengan baik.

Karena kamu perlu memastikan tubuh tetap terhidrasi dengan baik saat musim penghujan. Dehidrasi akan membuat tubuh lebih rentan mengalami berbagai penyakit yang kerap muncul di musim hujan.

Jaga Kebersihan Tubuh 

seperti yang sudah di jelaskan pada awal kalimat, bahwa di saat musim hujan dengan kondisi cuaca yang dingin bakteri akan dengan mudah menyabar dimana-mana. Maka dari itu penting untuk kamu sering mencuci tangan, hal ini bisa kamu lakukan untuk mencegah paparan bakteri atau virus yang menempel pada tangan. Sebaiknya cuci tangan sebelum makan, setelah makan, setelah melakukan aktivitas di luar ruangan, hingga setelah menggunakan toilet.

Selain itu, pastikan kondisi kuku dalam keadaan bersih. Kuku yang terlalu panjang dan tidak bersih bisa menyebabkan penumpukan kuman dan bakteri.

Istirahat yang Cukup 

Penuhi kebutuhan istirahat setiap hari. Sangat penting untuk tidur selama 7-8 jam setiap malamnya agar sistem imun tubuh dalam kondisi yang optimal. Hal ini membuat kamu akan terhindar dari berbagai risiko penyakit yang rentan terjadi di musim penghujan. Apalagi untuk kamu yang memiliki kesibukan yang padat di pagi hingga siang harinya.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *