Ini dia 4 Penyakit yang Paling Sering Muncul Pada Saat Musim Hujan

Foto : Doc. Prosehat

HALOSMI.COM- Musim hujan adalah musim saat beberapa penyakit dapat dengan mudah ditularkan. Apalagi bagi kamu para pekerja keras yang tidak memiliki imun yang cukup baik akan dengan mudah terserang penyakit. Hal ini dikarenakan saat musim hujan jenis mikroba akan lebih mudah berkembangbiak dan mudah masuk ke tubuh manusia. Daya tahan tubuh yang tidak sehat semakin membuat bakteri dan virus berkembang hingga menyebabkan penyakit.

Baca juga : 4 Manfaat Penting Sarapan Pagi Untuk Kesehatan Tubuh

Untuk melindungi diri dari penyakit yang tidak diinginkan, sebaiknya perlu untuk mengenal jenis penyakit yang biasanya muncul di musim hujan berikut ini:

Demam Berdarah 

Demam berdarah adalah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk Aedes yang menyukai air dan kelembapan. Pada saat hujan, air akan mengendap di permukaan yang membuat nyamuk berkumpul ria, maka dari itu dengan mudahnya penyakit ini akan menyerang seseorang yang daya tahan tubuhnya lemah.

Baca juga : Makan Ini Sebelum Tidur, Dijamin Tidak ada Kata Insomnia Lagi di Hidup Kamu

Biasanya penyakit demam berdarah ini memiliki gejala 2-7 hari demam dan nyeri otot. Setelah itu, demam akan turun. Tangan dan kaki akan menjadi dingin. Syok dapat terjadi pada beberapa orang yang mengidap kondisi ini.

Sebagai langkah pencegahan, kamu bisa menghindari daerah yang penuh nyamuk, gunakan obat nyamuk, dan tidur dalam kelambu. Di musim hujan, kamu juga perlu menjaga kesehatan dengan cukup tidur, konsumsi makanan sehat, berolahraga secara teratur untuk melindungi diri dalam jangka panjang.

Tipes 

Sakit perut, sembelit, diare dan juga sakit kepala, adalah gejala yang kerap dialami orang yang terkena tipes. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang mencemari makanan dan juga minuman. Gejala lainnya yang umum ditemukan yaitu tubuh terasa lelah, nyeri otot, keluar keringat berlebih, batuk kering, muncul ruam pada kulit, kehilangan nafsu makan dan kehilangan berat badan secara drastis.

Biasanya penyakit ini banyak terjadi ketika musim hujan karena sanitasi yang buruk. Sebelum penyakit musim hujan menyerang, kamu dapat melindungi diri dengan menerapkan perilaku sehat. Kamu juga perlu menghindari makanan dan minuman dari hewan-hewan yang dapat berpotensi menularkan penyakit, dan mencuci tangan sebelum makan atau setelah beraktivitas.

Flu

Ini adalah penyakit yang sering terjadi pada saat musim hujan. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernapasan. Namun, komplikasi dari flu bisa memicu pneumonia, dan ini bisa mematikan.

Anak-anak, orang tua, pasien dengan penyakit kronis, dan mereka yang memiliki sistem kekebalan lemah atau menggunakan obat imunosupresif, berisiko mengalami komplikasi flu. Cara pencegahan dari infeksi flu adalah rajin mencuci tangan setiap kali dari toilet ataupun aktivitas di luar rumah.

Diare 

Penyakit ini sering terjadi selama musim hujan karena mengonsumsi makanan atau air yang mungkin terkontaminasi. Nah, gejala diare adalah feses yang encer dan cair. Gejala lain mungkin termasuk demam atau kram perut. Jika kamu menemukan darah dalam tinja, ada kemungkinan kamu terkena disentri.

Untuk pencegahannya adalah konsumsi makanan yang matang dan dikukus, gunakan sendok saat makan, sering mencuci tangan, dan jangan pernah menggunakan peralatan makan orang lain.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *