Apa yang Akan Terjadi Jika Tubuh Kekurangan Serat ? Ini Akibatnya

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Serat adalah jenis karbohidrat kompleks yang tidak dapat dipecah menjadi molekul gula oleh tubuh. Manfaat serat untuk kesehatan bisa kamu dapatkan secara maksimal dengan mengonsumsi setidaknya 25–35 gram serat per harinya.

Ada banyak manfaat serat untuk kesehatan, mulai dari mencegah konstipasi hingga mencegah diabetes. Nutrisi ini dapat Anda temukan dalam berbagai macam makanan nabati, seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, biji-bijian, oatmeal, dan sereal.

Baca juga : 4 Manfaat yang Akan di Dapat Ketika Kamu Rutin Mengkonsumsi Timun

Apa yang akan terjadi jika tubuh kekurangan serat ? Jelas jawabannya kesehatan kita akan terganggu. Salahsatunya sulit buang air besar atau sembelit. Berikut ini hal yang akan terjadi jika tubuh kekurangan serat :

Kenaikan Berat Badan 

Sesering apapun kamu melakukan olahraga ataupun makan makanan yang sehat, jika tubuh kamu kekurangan asupan serat itu akan terasa percuma dan sia-sia.

Serat berkontribusi pada rasa kepuasan,” ujar Kathleen Zelman, ahli diet, seperti dikutip WebMD.

Kepuasan di sini berarti rasa nyaman berkat rasa kenyang setelah makan. Jika tidak ada kepuasan, Zelman berkata kamu akan makan lebih banyak daripada yang diperlukan tubuh. Dan ini mengakibatkan berat badanmu capat naik. maka dari itu sebaiknya penuhi kebutuhan serat sebanyak 25-35 gram per hari lewat pangan berbasis biji-bijian dan sayuran.

Terus Merasa Lapar 

Menurut Eating Well, jika tubuh cukup asupan serat maka rasa lapar berkurang selama 1 jam setelah makan. Kondisi ini tidak akan kamu temui jika asupan makanan rendah kandungan serat. Makanan rendah serat dicerna dengan cepat sehingga mudah merasa lapar setelahnya.

Baca juga : 4 Makanan yang Aman di Konsumsi Orang Diet di Malam Hari

Saat perut diisi cukup asupan serat, rasa kenyang bertahan lebih lama karena serat dipecah perlahan dan bertahap. Selain itu, serat juga mudah mengembang saat menyerap air dan ini berkontribusi pada rasa kenyang.

Dapat disimpulkan jika seseorang kekurangan serat, ia akan terus merasakan lapar walaupun sudah makan.

Mudah Lelah dan Lemas

Jika kamu selalu merasakan cepat lelah, lemas dan mengantuk setelah makan, bisa jadi kamu kekurangan serat. Karena makanan rendah serat berpotensi menaikkan gula darah dengan cepat, lalu membuatnya turun dengan cepat pula. Kehadiran serat bisa membantu menyeimbangkan kadar gula darah.

Serat akan dicerna lebih lambat, sehingga mencegah lonjakan gula darah. Di samping itu, saat asupan tinggi kalori dan berasal dari protein tinggi dan rendah karbohidrat bisa berpotensi meningkatkan kolesterol, menimbulkan rasa lelah, lemas, juga mual.

Kadar Kolestrol Meningkat 

Serat, khususnya serat larut air, memiliki kemampuan menurunkan kolesterol. Serat larut air (soluble fibre) akan mengurangi penyerapan kolesterol pada sistem dan membawanya keluar tubuh sebelum menyumbat arteri.

Setiap asupan 7 gram serat per hari akan menurunkan risiko penyakit jantung hingga 9 persen. Tentu ini jadi alasan baik untuk menambah pasokan serat baik lewat sayuran maupun buah-buahan.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *