Bukan Sekedar Tanda Kasih Sayang, Ternyata Berpelukan Memiliki Manfaat untuk Kesehatan Lho

Foto : Doc. Her Story

HALOSMI.COM- Berpelukan merupakan salah satu bahasa tubuh yang dapat menunjukkan sebuah perhatian dan kasih sayang. Hal ini pun dapat dilakukan oleh siapa saja. Baik orang tua kepada anaknya, pelukan dari pasangan atau juga perlukan dari teman atau sahabat.

Baca juga : Jangan Menyepelekan Insomnia, Inilah Bahayanya Jika Kamu Kurang Tidur

Dengan berpelukan, tentu akan memberikan suasana kehangatan dan kedamaian bagi siapa pun yang mendapatkannya. Namun, ternyata tidak hanya sebagai tanda dari sebuah perhatian ataupun kasih sayang, dengan berpelukan kamu akan mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh kamu. Berikut ini manfaat berpelukan yang dapat kalian dapatkan untuk kesehatan :

Meningkatkan Kekebalan Tubuh 

Berdasarkan hasil penelitian, orang yang lebih banyak berpelukan mempunyai risiko terkena virus flu lebih sedikit dibandingkan orang yang jarang mendapatkan kasih sayang fisik.

Dalam hal ini, memeluk dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan berbagai penyakit. Memeluk juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kesejahteraan mental menjadi lebih baik.

Pencernaan Lebih Baik

Ketika berpelukan, kita akan mendapatkan efek rileks yang dapat membantu tubuh mengalihkan energi untuk melakukan proses pencernaan yang lebih baik. Sedangkan stres dapat mengurangi energi dan menurunkan fungsi kerja tubuh.

Baca juga : 4 Manfaat yang Akan di Dapat Ketika Kamu Rutin Mengkonsumsi Timun

Maka dari itu manfaat berpelukan bagi kesehatan juga dikatakan baik untuk sistem pencernaan. Kadar oksitosin yang meningkat saat berpelukan dapat memicu efek refleks pada sistem pencernaan untuk istirahat dan mencerna dengan baik.

Mengurangi Stress

Diketahui, berpelukan dapat meningkatkan kadar oksitosin dan menurunkan kadar kortisol. Hormon-hormon ini mempunyai peranan penting untuk kesehatan mental, fungsi sistem kardiovaskular, hingga sistem tidur yang dimiliki.

Dengan memberikan pelukan kepada orang terdekat, tentu dapat memberikan perasaan tenang dan nyaman dan dapat mengurangi perasaan stres yang sedang dialaminya.

Meningkatkan Memori Otak 

Seperti yang sudah di ketahui, bahwa berpelukan dapat meningkatkan kadar oksitosin. Hormon yang disebut oksitosin ini dilepaskan ke aliran darah saat kamu memeluk orang yang kamu cintai. Ini membantu dalam meningkatkan daya ingat. Tidak hanya itu, hal ini juga merangsang sistem saraf yang membantumu mencapai keseimbangan yang baik antara keaktifan dan ketenangan.(*)

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *