Jangan Menyepelekan Insomnia, Inilah Bahayanya Jika Kamu Kurang Tidur

Foto : Doc. Beautynesia

HALOSMI.COM- Normalnya jam tidur manusia adalah 6-8 jam. Ketika kamu kurang tidur dalam satu malam saja mungkin tidak  akan berbahaya, namun jika kamu malah terus-menerus mengalami hal ini justru akan membahayakan kesehatanmu.

Baca juga : Selalu Ngantuk di Siang Hari pada Saat Kerja, Ternyata ini Penyebabnya

Entah karena kamu stress, menyelesaikan pekerjaan atau tugas sekolah hingga larut malam yang akhirnya membuat kamu kurang tidur ini harus segera dihentikan. Atur waktumu sebaik mungkin. Jangan sampai waktu tidurmu digunakan untuk hal lain yang akan membuatmu kekurangan jam tidur.

Inilah bahayanya jika kamu kurang tidur bagi kesehatanmu :

Obesitas / Kelebihan Berat Badan

Tidak bisa dipungkiri, ketika kita mengalami kesulitan tidur ataupun sengaja begadang untuk bisa menonton film favorit ini akan berpengaruh dengan pola makan. Biasanya, orang yang kurang tidur bakal makan lebih banyak dan cenderung suka junk food. Hal ini udah dibuktikan dalam 18 penelitian di tahun 2012, bahwa pola makan dan pola tidur emang berkaitan.

Kurang tidur berakibat pada perubahan hormon dalam tubuh. Produksi ghrelin (hormon yang menambah nafsu makan) bertambah, sementara produksi leptin (hormon yang mengontrol pola makan) berkurang. Sehingga kemungkinan besarnya kamu akan mengalami obesitas.

Berakibat Kanker Payudara 

Terlihat seperti spele karena hanya kurang tidur, ternya ini akan berdampak besar bagi kesehatan kita. Dari 1240 orang yang diskrining kanker kolorektral, 338 diantaranya biasa tidur kurang dari 6 jam. Penelitian juga menyebutkan bahwa polip adalah hal umum bagi mereka yang kurang tidur. Selain itu, resiko kanker payudara juga mengancam kamu yang hobi begadang.

Baca juga : 4 Makanan ini Bisa Mencegah Kanker Payudara loh, Ikan Kembung Salah Satunya

Resiko Diabetes 

Dikutip dari hipwee, Penelitian di 2012 membuktikan kalau kurang tidur bisa mempengaruhi insulin. Dengan kata lain, kurang tidur berakibat penyakit diabetes.

Hasil penelitian National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases pada beberapa remaja menjelaskan kalau salah satu remaja yang paling sedikit tidur ternyata punya resistensi insulin tertinggi. Hal ini berarti bahwa tubuhnya nggak menggunakan insulin dengan efektif.

Selain itu, terdapat sel lemak yang mengindikasi kalau kurang tidur mengakibatkan resistensi insulin pada sel-sel itu. Bahkan, ketika seseorang sedang diet atau membatasi asupan kalorinya sekalipun.

Daya Ingat Melemah 

Pernahkah kamu menyadari bahwa semakin dewasa kamu semakin mudah lupa akan suatu hal. Bukan selalu karena faktor usia, bisa jadi hal ini dikarenakan karena kamu kurang tidur. Karena ketika kita kurang tidur ternyata mengakibatkan penurunan daya ingat secara permanen. Makin sedikit kamu tidur, maka makin lemah kemampuan ingatanmu. Parahnya, kurang tidur  berakibat kerusakan otak yang kemudian bisa berakibat hilang ingatan.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *