“bjb

Cara Membuat Tujuan Hidup Berdasarkan Perbedaan 4 Kepriadian

Foto : Doc. Dewiku

HALOSMI.COM- Setiap manusia pasti memiliki goals ataupun tujuan hidup. Biasanya hal ini disebabkan karena semua orang ingin memiliki hidup yang lebih baik bahkan bahagia. Jika ingin hidup bahagia, salah satu caranya adalah memulai dari diri sendiri. Bahagia itu pilihan, dan jika seseorang mampu menciptakan kebahagiaan di dalam dirinya, itu adalah modal awal merasa bahagia dalam banyak hal.

Baca juga : Terkadang Kita Harus Bersikap Bodo Amat Pada Suatu Hal : Begini Triknya

Setiap orang memiliki cara sendiri dalam menentukan tujuan hidup. Ternyata dari kepribadian, kita bisa menebak bagaimana seseorang menentukan tujuan hidup, sekaligus mengukur seberapa bahagia kamu dengan hidupmu. Seperti yang diungkapkan Gretchen Rubin, penulis The Happiness Project, ada empat tipe kepribadian berdasarkan ekspektasi intrinsik dan ekstrinsik yang mampu mengungkap caramu membuat tujuan hidup.

Baca juga : 4 Cara Menghadapi Orang yang Egois

The Obliger 

Seseorang yang memiliki kepribadian ini memiliki ciri untuk selalu mengikuti komitmen dan mencapai tujuan karena merasa ia bertanggung jawab akan hal itu. Mereka tak masalah membiarkan impian sesungguhnya pudar, asal mereka tidak merepotkan orang lain.

The Obliger ini tipekal seseorang yang memiliki sikap tidak enakan dan tak suka mengecewakan orang yang menyayanginya, misalnya orangtua, keluarga atau pasangan. Tipe orang seperti ini mudah beradaptasi tapi juga mudah kewalahan dan tidak puas.

The Upholder 

Orang dengan kepribadian the upholder adalah tipe yang menentukan tujuan hidupnya secara mandiri dan mendorong orang lain untuk mencapai tujuan hidup mereka. Orang upholder tidak suka meninggalkan orang lain tertinggal di belakang, terutama mereka yang ia sayangi atau dekat dengannya.

Dia selalu ingin membantu orang yang di cintainya ikut serta merasakan kebahagiaan yang dia rasakan, sembari fokus dengan tujuan hidupnya sendiri. Ia suka jika sukses bersama-sama dan tidak kenal lelah mengingatkan dan menyemangati orang lain untuk meraih tujuan hidupnya.

The Questioner 

Seseorang yang memiliki kepribadian The Questioner memiliki ciki khas ‘be true to yourself‘ dan ‘gapai apa pun itu, untuk dirimu sendiri’. Selalu menganggap semua tujuan hidupnya sangat berarti.

Berbeda dengan The Obliger, Seseorang yang memiliki kepribadian ini biasanya tidak akan terpengaruh dengan ekspektasi orang lain terhadapnya, namun jika keinginan orang lain sehati dengan keinginannya, itu akan memberinya semangat lebih. Tipe Questioner adalah orang yang mandiri, punya pendirian, mampu menghargai dan mencintai diri sendiri dengan baik, serta tidak suka menyampuri urusan orang lain.

The Rebbel 

Kepribadian The Rebbel ini sangat memiliki pendirian yang sangat tinggi. Seperti namanya, orang dengan kepribadian the Rebel adalah tipe pemberontak yang percaya pada perasaannya sendiri. Ia akan menolak semua aturan dan ekspektasi orang lain.

Bahkan mereka merasa keputusan memang sepenuhnya ada padanya, seringkali memiliki emosi naik turun, dan terkadang akan berhenti di tengah jalan sebelum mencapai tujuan hidup. Mereka sangat termotivasi oleh rasa kebebasan dan kemerdekaan menentukan jalan hidupnya sendiri. Semakin kamu memintanya melakukan sesuatu, semakin tak mau dia, bahkan jika itu sesuatu yang sebenarnya ia sukai.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *