Tekno  

Download Aplikasi Ini Untuk Melacak Nomor Tidak Dikenal yang Mengganggu

Foto : Doc. Eannovato

HALOSMI.COM- Kini pengguna ponsel (hp) dapat mengecek nomor tidak dikenal dengan mudah. Cukup mengunduh aplikasi penyedia layanan pelacak nomor telepon di App Store atau Google Play Store. Beberapa plikasi ini dapat digunakan untuk melacak nomor hp yang menghubungi pengguna melalui telepon maupun pesan singkat (SMS).

Baca juga : Hati-hati, Ini Dia Ciri Modus Penipuan Lewat WhatsApp !

Nantinya pengguna hanya perlu memasukkan nomor ke kolom pencarian di aplikasi, lalu aplikasi akan melacaknya. Jika pengguna sudah memberi izin akses panggilan telepon maupun SMS ke aplikasi tersebut, aplikasi akan mendeteksi secara otomatis ketika panggilan masuk, meski nomor belum pernah Anda simpan di kontak.

Baca juga : Waspada Penipuan ! Pastikan Kartu SIM Ponselmu Sudah Terdaftar Sesuai dengan Data Dirimu : Begini Cara Ceknya

Cara cek nomor telepon ini tentunya akan sangat berguna jika kamu sering mendapat telepon maupun SMS dari orang tak dikenal. Apalagi saat ini sering kali ada panggilan dan SMS dari orang tak dikenal dengan berbagai alasan yang mengganggu aktifitasmu. Mulai dari panggilan ojek online, salah sambung, permintaan donasi, penipuan, hingga teror pinjaman online alias pinjol.

Berikut empat aplikasi cek nomor tak dikenal yang bisa kamu download di play store atau app store :

Truecaller 

Sudah mencapai 1 milliar pengguna yang mendownload aplikasi ini. Hal ini dikarenakan aplikasi trucaller dengan mudah bisa menjadi opsi untuk melacak nomor hp orang tak dikenal. Selain dalam format aplikasi, Truecaller juga memiliki layanan pelacak nomor telepon dalam bentuk situs.

Jadi untuk kamu yang tidak ingin mengunduh Truecaller, tetap bisa cek nomor tidak dikenal tanpa aplikasi. Truecaller dapat mengidentifikasi nomor, nama, lokasi, hingga nama provider.

Selain itu, Truecaller juga memberikan notifikasi spam atas nomor yang kerap dilaporkan (report) oleh pengguna lain. Dengan begitu, kamu jadi lebih bisa berhati-hati ketika mendapat panggilan dan SMS dari nomor dengan label spam tersebut.

Getcontact

Aplikasi ini sudah diunduh oleh 100 juta pengguna di seluruh dunia. sesuai dengan nama aplikasinya, Getcontact dapat memberi tahu nomor kontak orang yang menghubungi kamu.

Selain dapat melacak nomor hp, Getcontact juga dapat digunakan untuk memberi tag atau label kontak kepada nomor yang kamu simpan. Lalu nama kontak yang kamu berikan ke sebuah nomor akan masuk ke data nama kontak Getcontact. Pengguna juga dapat melihat tag atas nomor telepon sesuai yang diberikan oleh orang lain yang menyimpan kontakmu.

Caller ID 

Caller ID  telah diunduh oleh 1 juta pengguna di dunia juga bisa menjadi pilihan untuk melacak nomor tak dikenal. Fitur lain yang dimiliki aplikasi ini adalah dapat digunakan untuk pencadangan kontak yang tersimpan.

Beruntungnya, aplikasi ini dapat merekam telepon yang masuk dan keluar untuk keperluan dokumentasi. Yang tak kalah penting, layanan ini gratis. Kamu hanya perlu mengunduh aplikasi ini di App Store atau Google Play Store.

CallApp

CallApp dapat mengidentifikasi berbagai nomor yang masuk ke hp kamu karena memiliki database lebih dari 6 miliar nomor di dunia. Uniknya, aplikasi ini juga memiliki fitur mode gelap untuk menghemat baterai hp ketika menggunakan aplikasi ini.

Selain itu, CallApp dapat digunakan untuk cek nomor tidak dikenal dan memberikan nada dering khusus untuk nomor kontak yang tersimpan. Tak ketinggalan, kamu juga bisa memblokir nomor yang tak dikenal.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *