Ragam  

Jangan di Buang, Manfaatkan Kulit Jeruk Untuk di Jadikan Sebagai Bahan Pembersih Hingga Obat Diet

Foto : Doc. Rodanesia

HALOSMI.COM- Jeruk adalah satu dari beberapa jenis buah yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarakat dunia. Selain rasanya yang enak dan segar, jeruk memiliki kandungan vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.

Baca juga : Gunakan Masker Alami ini Untuk Mendapatkan Pipi Merah Merona

Ketika seseorang memakan jeruk, tanpa berfikir panjang dia akan membuang begitu saja kulit jeruk ke dalam tempat sampah. Padahal, kulit jeruk bisa dimanfaatkan ke dalam berbagai hal yang menguntungkan. Kulit jeruk mengandung polipenol, senyawa yang bisa melindungi tubuh dari beragam penyakit. Selain itu, kulit jeruk juga bisa kita manfaatkan ke hal lain seperti :

Baca juga : Selain Rasanya yang Lezat Buah Apel Memiliki Banyak Manfaat Besar, Salah Satunya Mencegah kanker

Bahan Pembersih 

Cobalah membuat cairan pembersih dari kulit jeruk. Caranya, isi toples atau botol kaca dengan kulit jeruk. Kemudian isi dengan cuka putih hingga penuh, dan diamkan larutan berada di tempat dingin dan gelap selama 2 minggu.

Setelah dua minggu keluarkan kulit jeruk. Gunakan saringan agar cairan bisa bersih dari residu kulit jeruk. Setiap kali akan menggunakannya untuk membersihkan kaca atau permukaan perabotan di dalam rumah, campur larutan cuka dan kulit jeruk dengan sedikit air dan masukkan ke botol semprot. Dengan bahan ini, seluruh kaca yang ada di rumahmu akan terlihat bersih dan kinclong.

Mengusir Serangga 

Jeruk mengandung senyawa yang beracun bagi nyamuk, lalat, dan berbagai serangga lainnya. Jadi agar nyamuk tak masuk ke dalam rumah, letakkan saja beberapa lembar kulit jeruk di dekat jendela dan lubang-lubang ventilasi.

Ketika beraktivitas di luar rumah, oleskan kulit jeruk ke tangan dan kaki agar terhindar dari gigitan serangga ketika kamu berada di sekitar kebun.

Mengatasi Mabuk Perjalanan 

Beberapa orang mungkin berkendara dalam perjalanan jauh merupakan hal yang harus dihindari karena memiliki kebiasaan mabuk. Namun sayang jika perjalanan penting harus cancel hanya karena mabuk. Kulit jeruk sangat bermanfaat untuk mencegah mabuk perjalanan.

Caranya cukup sederhana sekali, satu jam sebelum naik mobil, ambilah secuil kulit jeruk yang segar terus dekatkan ke hidung dan hiruplah aroma jeruk di kulitnya. Setelah naik mobil, terus menghirup minyak kulit jeruk itu untuk mencegah mabuk perjalanan. Atau jika sudah terlanjur mabuk di perjalanan, kamu bisa merebus kulit jeruk sekitar 15-20 menit, lalu minumlah rebusan ini seperti teh untuk menghilangkan mabuk.

Bahan Tambahan Diet 

Perlu di ketahui bahwa kulit jeruk bisa dimakan lho! Pilih jeruk yang manis dan segar, dan datang dari perkebunan organik sehingga kulitnya tak tercemari pestisida. Hilangkan bagian putih yang menempel di balik kulit jeruk, kemudian cuci kulit dengan air panas.

Air panas di sini berguna melepas lapisan pestisida yang mungkin ada dan sedikit melunakkan tekstur kulit jeruk yang keras. Kemudian iris tipis-tipis kulit jeruk dan campurkan ke dalam seduhan teh atau racikan salad buah. Hal ini bisa membantu menurunkan berat badan.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *