Selain Rasanya yang Lezat Buah Apel Memiliki Banyak Manfaat Besar, Salah Satunya Mencegah kanker

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Di kutip dari Rimba Kita, buah apel adalah buah yang berasal dari pohon bernama latin Malus domestica ini banyak dibudidayakan di dunia. Apel merupakan tumbuhan yang berasal dari Asia Tengah, dimana spesies nenek moyang apel yang kita kenal saat ini adalah Malus sieversii atau apel hutan / apel liar yang hingga kini bisa ditemukan tumbuh di Kazakhstan.

Baca juga : 4 Makanan ini Bisa Mencegah Kanker Payudara loh, Ikan Kembung Salah Satunya

Selain rasanya yang lezat, buah apel dikenal dengan kandungan vitamin A-nya yang tinggi. Adapun 4 manfaat kesehatan yang mengesankan dari buah apel, seperti :

Membantu Menurukan Berat Badan 

Apel menjadi buah rekomendasi bagi orang-orang yang tengah menjalani program diet. Hal ini dikarenakan apel memiliki serat tinggi dan air yang mampu membuatnya mengenyangkan.

Baca juga : 4 Manfaat Buah Nanas Bagi Kesehatan Tubuh : Salah Satunya Cocok untuk Diet

Dengan perasaan kenyang inilah yang kemudian berfungsi sebagai strategi penurunan berat badan, karena membantu mengatur nafsu makan. Dengan ini bisa membuat kamu mengurangi asupan energi. Karena dengan kamu makan apel utuh, dapat meningkatkan perasaan kenyang hingga 4 jam lebih lama daripada mengonsumsi pure atau jus apel dalam jumlah yang sama.

Membantu Mencegah Kanker 

Penyakit kanker adalah penyakit yang bisa mengakibatkan seseorang merasa tersiksa, bahkan mematikan. Maka dari itu, penting untuk kita mencegah penyakit kanker dengan cara sederhana menerapkan pola hidup sehat dan dimulai dari mengkonsumsi makanan yang sehat. Salah satu makanan sehat itu adalah buah apel.

Buah apel memiliki kandungan antioksidan yang dapat menawarkan efek menguntungkan melawan jenis kanker tertentu, termasuk kanker paru-paru, payudara, dan saluran pencernaan. Studi tabung reaksi menunjukkan bahwa efek ini dapat dikaitkan dengan polifenol apel yang menjaga agar sel kanker tidak berkembang biak. Kandungan serat apel juga dapat berkontribusi pada sifat melawan kankernya.

Baik Untuk Jantung 

Apel telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit jantung. Salah satu alasannya mungkin karena mengandung serat larut. Jenis serat ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

Alasan lain mungkin karena didalamnya memiliki polifenol. Beberapa di antaranya, yaitu flavonoid epicatechin, dapat menurunkan tekanan darah. Studi juga mengaitkan asupan flavonoid yang tinggi dengan risiko stroke yang lebih rendah. Ditambah, flavonoid dapat membantu mencegah penyakit jantung dengan menurunkan tekanan darah, mengurangi oksidasi kolesterol LDL, dan mengurangi aterosklerosis, yang merupakan penumpukan plak di arteri.

Risiko Diabetes yang Rendah 

Sebuah kompilasi penelitian menemukan bahwa makan apel dan pir dikaitkan dengan penurunan 18% risiko diabetes tipe 2. Faktanya, hanya satu porsi per minggu dapat mengurangi risiko sebesar 3%. Kandungan antioksidan polifenol quercetin dan phloridzin yang tinggi dapat menjelaskan efek menguntungkan ini.

Efek anti-inflamasi Quercetin dapat mengurangi resistensi insulin, faktor risiko besar untuk timbulnya diabetes. Sementara itu, phloridzin diyakini mengurangi penyerapan gula di usus, berkontribusi pada penurunan beban gula darah sehingga mengurangi risiko diabetes.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *