Ragam  

Selalu Ngantuk di Siang Hari pada Saat Kerja, Ternyata ini Penyebabnya

Foto : Doc. LinovHR

HALOSMI.COM- Rasa ngantuk bisa timbul kapan saja, seperti saat belajar, menyetir bahkan bekerja. Tanda-tanda yang sering mengiringi rasa ngantuk biasanya sulit berkonsentrasi dan tidak dapat mengendalikan emosi. Merasa ngantuk saat menjalani aktivitas sehari-hari, terutama saat jam kerja sering dialami banyak orang. Hal ini akan merusak fokus dan menghambat aktivitas.

Baca juga : Buah Kiwi Bisa Mengatasi Insomnia loh ! Yuk Simak Manfaat Lainnya

Ternyata mengalami ngantuk bukan dari hukum alam, namun ada beberapa penyebab yang mungkin kalian tidak sadari diantaranya seperti :

1. Faktor Makanan dan Minuman

Setelah jam istirahat atau makan siang, fokus karyawan akan berkurang dibanding di pagi hari karena faktor makanan yang mungkin kamu konsumsi pada saat jam istirahat dan bahkan bisa membuat kamu mengantuk. Misalnya, terlalu banyak mengonsumsi makanan tidak sehat bisa menyebabkan ngantuk, termasuk mengonsumsi kafein dan alkohol. Oleh karena itu, Anda dianjurkan agar selalu menerapkan pola hidup sehat dengan mengonsumsi makanan yang bergizi secara teratur pada saat jam istirahat.

2. Kurang Minum Air Putih 

Air putih sangat berperan penting bagi kesehatan tubuh kita bahkan keseharian kita. Selain menyehatkan, minum air putih akan membuat kita merasa segar dan fokus.

Bahkan sebuah penelitian menemukan kekurangan asupan air atau dehidrasi dapat membuat tubuh cepat lelah dan rasa ngantuk akan muncul. Sediakan gelas ataupun tempat minum di meja kerjamu agar kamu bisa minum air putih di sela waktu kerja.

Baca juga : Ternyata Minum Air Putih adalah Hal Pertama yang Harus di Lakukan saat Bangun Pagi

3. Insomnia 

Insomnia merupakan kondisi di mana seseorang memiliki kesulitan tidur, sehingga harus berjaga atau begadang hingga dini hari atau bahkan sampai pagi. Insomnia dapat mengakibatkan mengantuk saat jam kerja lantaran kurang tidur.

Ini akan mempengaruhi dalam kualitas pekerjaan yang sedang kamu kerjakan seperti mudah ngantuk, kesulitan mengendalikan emosi, dan respons melambat. Maka dari itu atur waktu tidurmu agar kembali normal.

4. Kurang Bergerak

Berdiam diri terlalu lama di depan komputer atau di balik meja akan membuat tubuh merasa lelah dan mengantuk. Caranya, kamu perlu berolahraga ringan di sela-sela kegiatan di kantor. Cara ini akan membuat sirkulasi darah di dalam tubuh akan berjalan dengan lancar.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *