Jika Terjadi Serangan Panic Attack, Sebaiknya Atasi dengan 4 Cara ini

Foto : Doc. Pngtree

HALOSMI.COM- Panic attack adalah suatu serangan ketakutan yang intens atau kuat, yang akan memicu berbagai gejala fisik yang parah padahal tidak ada bahaya yang nyata atau penyebab yang jelas. Serangan panik dirasakan sangat menakutkan, karena kita merasa kehilangan kontrol, seakan-akan mengalami serangan jantung atau stroke, bahkan seperti sedang menghadapi kematian.

Baca juga : Ini Alasan Mengapa Kamu Sering Merasa Lelah padahal Sudah Istirahat yang Cukup

Hal ini sangat berbahaya jika kita mengabaikannya bahkan jika tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Penyakit ini selalu hadir secara tiba-tiba maka dari itu di perlukannya pertolongan pertama sebelum menindak lanjuti ke rumah sakit.

Ada beberapa cara untuk kita bisa mengatasi serangan panic attack seperti :

Mengatur Pernapasan

Perlu untuk kita mengatur pernapasan yang intens untuk bisa membantu menenangkan pikiran yang tengah dalam kondisi panik. Cara meringankan gejalanya adalah dengan menarik napas dalam-dalam melalui hidung, rasakan udara perlahan yang memenuhi rongga dada dan perut. Kemudian perlahan hembuskan napas melalui mulut dan rasakan udara yang mengalir. Ulangi cara ini sampai denyut jantung dan nadi mulai berdetak perlahan dan hati terasa lebih tenang.

Baca juga : Mengapa Insomnia Sering Terjadi ? Bagaimana Cara mengatasinya ? Yuk Simak Artikel ini !

Menggunakan Minyak Lavender 

Aroma lavender berkhasiat dalam menenangkan dan memberikan perasaan rileks. Ikuti anjuran sesuai penggunaan yang aman agar saat digunakan tidak menimbulkan masalah lain. Seperti iritasi kulit dan sensasi kulit terbakar akibat mengoleskan minyak lavender yang mengandung konsentrat tinggi atau penggunaanya berlebihan.

Menutup Mata

Carilah tempat yang aman dan nyaman, lalu tutup mata sejenak dengan perlahan. Hal ini dapat mengurangi rangsangan yang direspons otak ketika kekhawatiran itu menyerang. Kemudian fokus pada tarikan napas dan ulangi sampai perasaan cemasnya mereda. Namun ketika menutup mata, pastikan kamu tidak sedang berkendara.

Membayangkan Momen Bahagia 

Gunakan teknik imajinasi untuk menenangkan diri jika sewaktu-waktu panik itu muncul, maka gejalanya dapat teratasi dengan mudah. Cara ini cocok diterapkan apabila kita terlalu sering mengalami panic attack.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di dalam ruang khayal dapat mengelola kecemasan. Oleh karena itu, biasakan membayangkan momen-momen bahagia untuk dapat menenangkan diri ketika kecemasan yang dirasa terlalu berlebihan.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *