Manfaat Durian Yang Jarang Orang Ketahui, Salah Satunya Mencegah Penuaan

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Buah yang juga dikenal sebagai “The King of Fruits” ini (Indonesia: Raja Buah) merupakan tumbuhan tropis yang berasal dari negara Asia Tenggara. Selain rasanya yang sangat lezat dan manis, buah durian memiliki banyak manfaat bagi kesehata tubuh lho.

Baca juga : 4 Manfaat ini Akan Kamu Dapatkan Jika Rutin Minum Jus Bayam Setiap Pagi

Hal ini dikarenakan banyak sekali kandungan yang terdapat di dalam buah durian ini. Penelitian mengungkapkan bahwa durian memiliki jumlah nutrisi yang cukup mengesankan. Menurut United States Department of Agriculture dalam 100 gram durian mengandung nutrisi-nutrisi seperti:

  • Energi sebanyak 147 kkal
  • Protein sebanyak 1.47 gram
  • Karbohidrat sebanyak 27.09 gram
  • Serat sebanyak 3.8 gram
  • Kalsium sebanyak 6 mg
  • Kalium sebanyak 436 mg
  • Vitamin C sebanyak 19.7 mg
  • Riboflavin sebanyak 0.2 mg
  • Asam Folat sebanyak 36 micro g

Baca juga : 4 Cara Memutihkan Lutut dan Sikut Menggunakan Bahan Alami

Selain itu, durian juga mengandung vitamin B6 dan A, niacin dan beberapa senyawa tumbuhan seperti flavonoid, karotenoid, antosianin dan polifenol.

Menjaga Kesehatan Tulang 

Manfaat buah durian untuk kesehatan tulang juga diperoleh dari kandungan nutrisinya. Durian merupakan salah satu buah yang kaya akan potasium (kalium) dan magnesium yang dikenal dapat berkontribusi dalam menjaga kesehatan tulang. Dalam sebuah studi, asupan kalium pada tubuh yang tinggi dipercaya dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang pada wanita dan pria berusia diatas 50 tahun.

Mengatasi Insomnia 

Insomnia atau sulit tidur biasanya disebabkan oleh berbagai hal, misalnya depresi, stres, gaya hidup tidak sehat dan pengaruh obat-obatan tertentu. Bagi sebagian orang, gangguan insomnia adalah hal yang mengganggu kinerja dan kesehatan tubuh secara keseluruhan, apalagi jika harus berhadapan dengan aktivitas yang padat keesokan harinya.

Buah durian mengandung zat yang mampu mengatasi insomnia yaitu asam amino triptofan. Kandungan triptofan yang tinggi pada durian menimbulkan perasaan euforia atau bahagia dengan meningkatkan kadar serotonin di dalam otak. Hal ini lah yang membuat seseorang akan merasa tenang dan lebih mudah untuk tidur.

Membantu Menunda Penuaan 

Durian sangat kaya akan vitamin C. Nutrisi ini merupakan antioksidan kuat yang mengurangi stres oksidatif yang disebabkan oleh radikal bebas. Semakin rendah tingkat stres oksidatif, semakin lambat proses penuaan. Durian juga kaya akan antioksidan lainnya.

Studi menunjukkan bahwa antioksidan dapat membantu mengurangi beberapa tanda penuaan kulit. Konsumsi durian dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini, termasuk garis-garis halus, kerutan, atau bintik-bintik penuaan. Namun, penelitian langsung kurang dalam aspek ini.

Menjaga Kelembapan dan Kekencangan Kulit 

Buah ini mengandung flavonoid yang mampu meregenerasi sel kulit mati agar kulit kita tetap terjaga kelembapan dan kekencangannya. Kamu bisa menjadikan daging durian yang berwarna kuning dan matang sebagai bahan dasar untuk masker wajah sebelum tidur. Gunakan masker durian 2-3 kali seminggu untuk mendapatkan kulit kencang yang sehat dan terjaga.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *