Mata Lelah Saat Bekerja ? Cobalah Istirahatkan Sejenak Dengan 4 Cara ini

Foto : Doc. Aladokter

HALOSMI.COM- Pekerjaan yang menuntut kita untuk terus berdiam diri di hadapan layar komputer ataupu gedget itu akan membuat mata mudah lelah sekalipun kamu menggunakan kacamata anti radiasi.

Meski mendorong produktivitas sehari-hari, semua perangkat teknologi yang kamu gunakan juga bisa memberikan dampak buruk pada kesehatanmu tanpa terkecuali kondisi matamu. Kalau kamu ingin menjaga kondisi matamu tetap sehat atau bagi yang sudah memakai kacamata ataupun tak ingin memperparah kerusakan yang sudah terjadi, penting untuk sejenak mengistirahatkan mata.

Kamu bisa lakukan 4 cara ini untuk mengistirahatkan sejenak matamu yang kelelahan pada saat bekerja :

1. Kompres Mata dengan Telapak Tangan 

Tidak mungkin rasanya kita harus membuat air kompresan saat bekerja. Maka dari itu gunakan saja telapak tanganmu dengan cara menggosokan kedua telapak tangan hingga memiliki suhu yang hangat, lalu letakan telapak tanganmu ke area mata. Pejamkan matamu sambil menikmati kehangatannya.

Baca juga : 4 Hal ini Tidak Boleh Dilakukan Ketika Kamu Sedang Menstruasi : Bahaya Bagi Kesehatan

Hal ini akan mengurangi tegangan otot-otot di area mata yang kelelahan dan bisa membuat matamu lebih relaks kembali.

2. Istirahatkan Mata Selama 20 Detik Setiap 20 Menit Sekali 

Metode ini diberi nama 20/20/20. Jadi, setiap 20 menit, kamu bisa mengangkat kepalamu dan alihkan pandanganmu ke objek atau pemandangan 20 kaki (atau setara dengan enam meter) di hadapanmu selama 20 detik. Ini bisa jadi cara cepat dan sederhana istirahatkan matamu sejenak dari hadapan laptop.

Hal ini akan membuat matamu lebih relaks dan tidak terlalu pusing akibat radiasi ataupun cahaya laptop yang sedang kamu gunakan.

3. Lebih Sering Berkedip 

Ketika dihapan komputer, laptop ataupun handphone, kamu akan terus memandangnya yang secara tidak sadar kecepatan waktu mengedipmu menjadi berkurang. Hal ini bisa menyebabkan matamu menjadi mudah kering. Ketika mata kering, semua organ tubuh akan merasakan juga efek sampingnya seperti sakit kepala, area mata terasa kencang, atau bahkan mengaburkan penglihatanmu.

Baca juga : Mau Tau Caranya Sembuhin Mata Bintit ? Lakuin 4 Hal ini di Jamin Ampuh !

Untuk menghindari hal ini, kamu harus lebih rutin untuk mengedipkan matamu. Dengan lebih sering berkedip, akan bantu membersihkan dan menyegarkan mata sehingga bisa kembalikan fokus penglihatan lagi.

4. Fokuskan Pandangan ke Arah Lain

Tujuan mengalihkan fokus pandanganmu ini adalah untuk membuat kedua matamu terus bergerak lebih luas. Kalau kamu kira bekerja sudah cukup menggerakkan matamu, sebenarnya kedua mata membutuhkan ruang pandang dan gerak yang lebih luas.

Maka dari itu, untuk merelaksasikan matamu, coba fokuskan pandanganmu ke sebuah objek, jarak dekat maupun jauh. Kalau di dekatmu ada tas kantor, perhatikan setiap detailnya. Lalu, untuk jarak lebih jauh ada papan iklan, perhatikan detailnya juga.(*)

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *