Mustajab untuk Berdoa, Simak Keutamaan Hari Jumat Dalam Islam

HALOSMI.COM – Bagi umat Muslim, hari Jumat adalah hari yang paling utama (afdhal) dari semua hari selama sepekan. Hari Jumat juga disebut sebagai hari yang penuh berkah.

Allah SWT mengkhususkan hari Jumat ini hanya bagi kaum Muslimin. Dalam Agama Islam, hari Jumat menjadi hari adalah rajanya hari.

Ada banyak keutamaan hari Jumat dalam kepercayaan umat Muslim.

BACA JUGA: Jumat Pagi, Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Melemah

Berbagai peristiwa penting terjadi pada hari tersebut, mulai dari diciptakannya Nabi Adam, hingga terjadinya kiamat.

Berikut ini beberapa keutamaan hari Jumat dalam Agama Islam:

1. Nabi Adam Diciptakan

Keutamaan hari Jumat yang pertama adalah penciptaan Nabi Adam. Rasulullah SAW menyebut, Nabi sekaligus manusia pertama tersebut diciptakan Allah SWT pada hari Jumat dengan penuh kemuliaan. Berikut sabdanya,

“Hari terbaik di mana matahari terbit di dalamnya ialah hari Jumat. Pada hari itu Adam Alaihissalam diciptakan, dimasukkan ke surga, dikeluarkan daripadanya dan kiamat tidak terjadi kecuali di hari Jumat.” (H.R Muslim).

2. Hari yang Mustajab untuk berdoa

Keutamaan hari Jumat selanjutnya, yaitu menjadi hari yang paling mustajab untuk memanjatkan doa. Orang-orang mukmin yang memanjatkan doa di hari Jumat dan memohon sesuatu kebaikan kepada Allah SWT, maka doanya tersebut akan dikabulkan.

BACA JUGA: 4 Masjid Ini Memiliki Design Unik dan Megah : Semua Rancangan Ridwan Kamil

Berdoa memang bisa dilakukan kapan saja dan di hari apa saja namun ada beberapa waktu yang mustajab untuk melakukannya. Hari Jumat merupakan waktu yang paling mustajab untuk berdoa dan meminta sebuah kebaikan dari Allah SWT.

Kemustajaban hari Jumat telah dijelaskan oleh Nabi Muhammad SAW yang tertera dalam hadis berikut ini:

“ Dari Abu Hurairah r.a, Rasulullah SAW membicarakan mengenai hari Jumat lalu ia bersabda, Di dalamnya terdapat waktu. Jika seorang muslim berdoa ketika itu, pasti diberikan apa yang ia minta”Lalu beliau mengisyaratkan dengan tangannya tentang sebentarnya waktu tersebut.” (HR.Bukhari dan Muslim).

BACA JUGA: Prakiraan Cuaca 17 Februari : Jum’at Berkah, Sukabumi Masih akan di Guyur Hujan di Siang hingga Sore Hari

3. Pahala Dilipatgandakan

Pada hari Jumat, seluruh amalan yang telah dikerjakan seorang muslim akan dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Keutamaan hari Jumat yang satu ini disebut dalam firman Allah yang berbunyi sebagai berikut,

“Perumpamaan orang yang menginfakkan hartanya di jalan Allah seperti sebutir biji yang menumbuhkan tujuh tangkai, pada setiap tangkai ada seratus biji. Allah melipatgandakan bagi siapa yang Dia kehendaki, dan Allah Maha luas, Maha Mengetahui.” (QS. Al Baqarah:216). (*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *