Pastikan Ketika Belanja Kamu Memilih Sayur yang Berkualitas, Begini Tipsnya !

Foto: Doc. HappyFresh

HALOSMI.COM- Bagi kamu yang baru pertama kali mau memasak sayur, pastinya masih bingung cara memilih sayuran yang baik di pasaran. Ataupun yang mungkin sudah sering belanja sayur di pasar tapi masih belum mengerti cara memilih sayuran yang berkualitas itu seperti apa ini harus di waspadai. Hal ini dikarenakan selain menerapkan pola hidup sehat, kamu juga harus pandai cara memilih sayuran yang baik karena sayuran yang berkualitas sangat bagus untuk kesehatan tubuh.

Baca juga : 4 Manfaat Ubi Jalar Yang Sangat Baik Untuk Kesehatan

Ketika kamu salah memilih sayuran yang kurang berkualitas, ini akan berpengaruh kepada vitamin di dalamnya. Sudah hilang gizinya, banyak bakteri jahat, bahkan nantinya masakan jadi kurang menarik dan nikmat. Oleh karena itu, simak pembahasan cara memilih sayuran yang baik berikut ini!

Baca juga : Walaupun Rasanya Pahit, Ternyata Pare Memiliki Pengaruh Besar Bagi Tubuh

Warna Sayur 

Banyak yang tertipu oleh tampilan luar dari sayur. Kebanyakan orang memilih sayur selalu yang terlihat cantik warnanya. Pada dasarnya memang ciri sayuran yang baik dan segar bisa langsung dikenali dari warna sayur itu sendiri. Sayur yang segar tidak akan terlihat pucat.

Namun kamu juga harus bisa membedakan, jka warna terlalu mencolok, bisa jadi ada tambahan pewarna buatan. Cara memilih sayuran yang baik tanpa bahan pewarna adalah dengan merendam sayuran tersebut dalam air, jika luntur sebaiknya jangan digunakan.

Rasakan Teksturnya 

Sebelum dibeli, pastikan kamu sudah meraba tekstur dari sayur yang akan kamu pilih. Biasanya sayuran yang segar memiliki tekstur kasar dan kuat. Cara memilih sayuran yang benar adalah dari teksturnya bergantung pada jenis sayur tersebut. Sayur daun-daunan tidak layu ataupun berlubang. Batangnya pun mudah dipatahkan. Sedangkan sayur umbi-umbian seperti wortel dan kentang dapat dilihat dari tekstur kulitnya yang tidak keriput, bagian dalamnya keras, dan tidak ada lubang.

Cium Aromanya 

Tidak hanya pada saat membeli parfume, kerika membeli sayuranpun jika ingin mengambil yang berkualitas pastikan kamu mencium aroma dari sayur itu sendiri. Apabila ada aroma busuk atau tidak semestinya, sayur tersebut perlu dicurigai. Penggunaan pestisida yang berlebihan pada sayur juga dapat mempengaruhi aroma, seperti ada bau obat atau zat kimia yang menyengat. Lalu, ketika dimasak ada rasa pahit khas obat-obatan.

Sayur yang Belum di Cuci 

Pilih sayur yang belum dicuci ketika membeli sayur. Hal ini dikarenakan jika sayur sudah dicuci terlebih dahulu, maka akan lebih cepat busuk meskipun kamu menyimpannya di dalam kulkas. Meskipun sayuran tersebut terlihat kotor diselimuti tanah dan pasir, kamu tidak perlu khawatir karena sayuran tersebut aman dikonsumsi dan malahan lebih baik kualitasnya.

Terapkan saja cara memilih sayuran yang bagus dan berkualitas tadi tanpa melihat tumpukan pasir dan tanah. Ketika mau disiapkan untuk memasak, inilah waktu yang tepat untuk mencuci sayuran tersebut. Cukup cuci pakai air bersih agar vitamin yang terkandung tidak ikut terbuang. Untuk umbi-umbian, gunakan bantuan sikat gigi supaya tanah dan pasir benar-benar hilang.(*)

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *