Perayaan Cap Go Meh di Sukabumi, Ribuan Masyarakat Antusias Tonton Pertunjukan Barongsai

SUKABUMI, HALOSMI.COM – Ribuan masyarakat dari mulai umat Tionghoa hingga lokal silih berdatangan ke ruas Jalan Pejagalan, di Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, tepatnya di depan Vihara Widhi Sakti, untuk menonton pertunjukan Barongsai dalam perayaan Cap Go Meh.

Pantauan HALOSMI.COM di lapangan, pada Sabtu 11 Februari 2023, sekira pukul 14.30 WIB, ada sebanyak 17 perwakilan Barongsai dari berbagai daerah yang juga turut memeriahkan perayaan Cap Go Meh di tahun ini.

Baca juga: Komitmen Semangat Toleransi Keberagamaan Tetap Terjaga, Forkopimda Kota Sukabumi Rayakan Tahun Baru Imlek

Selain masyarakat, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Sukabumi juga mulai dari Wali Kota Sukabumi, Wakil Wali Kota Sukabumi, Dandim 0607/Kota Sukabumi, Kapolres Sukabumi Kota, dan juga turut hadir Anggota DPR RI Fraksi Partai Demokrat, Mohamad Muraz.

Baca juga: 4 Kata-kata Romantis di Hari Valentine Untuk Sang Kekasih

Asyifa Putri Rahayu (21), warga Kecamatan Cikole Kota Sukabumi mengaku sengaja datang ke Vihara Widhi Sakti, untuk melihat pertunjukan Barongsai. Meski bukan umat Tionghoa, dirinya turut menyampaikan suka citanya dalam menyambut perayaan Cap Go Meh yang diketahuinya dilaksanakan setahun sekali.

“Iya saya sengaja datang kesini. Ikut merasakan dan memeriahkan. Kebetulan nggak terlalu jauh juga lokasinya dari rumah. Apalagi Barongsai pas Imlek ini baru ada lagi kan (karena pandemi COVID-19),” kata Asyifa, kepada HALOSMI.COM, Sabtu 11 Februari 2023.

Meski diguyur hujan mulai dari sekira pukul 15.30 WIB, hingga saat ini masyarakat rela berada di jalanan dengan menggunakan payung untuk melihat pertunjukan Barongsai.

Sekedar informasi, Cap Go Meh adalah akhir dari rangkaian perayaan tahun baru Imlek yang dilakukan setiap tanggal 15 pada bulan pertama penanggalan Tionghoa atau 2 minggu setelah Tahun Baru Imlek. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *