Selain Enak, Cemilan ini Bisa Menurunkan Kolestrol Juga Loh !

Foto : Doc. Pinhon

HALOSMI.COM- Penderita kolesterol tinggi perlu membuat perubahan gaya hidup untuk mengelola kadar kolesterolnya. Salah satunya adalah memilih camilan yang lebih sehat. Karena jika dibiarkan ini akan sangat berbahaya. Selain sering berolahraga, makan makanan yang sehat, kamu juga perlu memiliki menu cemilan yang bisa menurunkan kolestrol tinggimu. Diantaranya sebagai berikut :

Smoothies Sayuran, Buah Beri, Biji Chia, atau Biji Rami

Ini adalah cemilan yang sangat enak dan sangat sehat. Bahkan kombinasi ini memiliki semua nutrisi yang lezat dan dapat membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Bagaimana tidak, sayuran dan buah beri mengandung serat larut, dan sekali lagi, itu bisa mengikat kolesterol di usus dan mengeluarkannya dari tubuh.

Baca juga : Waw, Bukan Cuma Menyempurnakan Rasa Makanan Ternyata 4 Bumbu Dapur ini Bisa Untuk Menurunkan Kolestrol Tinggi

Manfaat yang sama juga didapat dari bayam dan buah beri. Buah ini mengandung antioksidan yang baik untuk melindungi tubuh dari kolesterol jahat. Biji chia dan biji rami mengandung serat untuk membantu menurunkan kolesterol dengan menurunkan jumlah kolesterol jahat yang diserap ke dalam aliran darah.

Alpukat dan Roti Gandum 

Alpukat adalah buah yang mengandung lemak tak jenuh tunggal yang membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Sedangkan roti gandum adalah pilihan yang bagus karena mengandung biji-bijian utuh yang memiliki serat larut. Maka jika keduanya di kombinasikan, itu akan menolong kolestrolmu yang tinggi loh.

Baca juga : Walaupun Kecil, Kuaci Memiliki Manfaat yang Sangat Besar Bagi Kesehatan

Wortel dan Humus 

Wortel memiliki kandungan yang kaya akan serat larut. Coba celupkan wortel ke dalam hummus demi mendapatkan manfaat yang lebih baik. Hummus terbuat dari chickpea (kacang arab). Chickpea adalah legume, yang merupakan sayuran. Hummus telah terbukti menurunkan kolesterol karena mengandung serat larut.

Oatmeal Dengan Minyak Zaitun dan Kayu Manis 

Menurut Cleveland Clinic, makan sekitar 120 gram oatmeal yang dimasak setiap hari berpotensi menurunkan kolesterol hingga 5-8 persen. Apalagi jika oatmeal ini dicampur dengan minyak zaitun yang dapat meningkatkan profil lipid juga menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Lalu di sempurnakan oleh kayu manis yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan kolesterol total pada penderita diabetes tipe 2. Bahkan kayu manis juga tentu akan menambah rasa lebih enak pada hidangan oatmeal.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *