Walaupun Kecil, Kuaci Memiliki Manfaat yang Sangat Besar Bagi Kesehatan

Foto : Doc. Dekoruma

HALOSMI.COM – Kuaci adalah cemilan berupa biji bunga matahari yang di keringkan dan di asinkan. Biasanya bunga matahari  tumbuh subur di lokasi dengan paparan sinar matahari penuh. Setelah bunga matahari mekar, biji biasanya membutuhkan sekitar satu bulan lagi sebelum bisa dipanen.

Biji dari bunga matahari ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bagaimana tidak, cemilan yang sangat kaya nutrisi ini mengandung antioksidan, flavonol, serat, protein nabati, dan juga asam lemak sehat. Yuk, intip apa saja manfaat kuaci untuk kesehatan dari kuaci atau biji bunga matahari.

Baca Juga : Menarik! 4 Burung ini Bisa Berbicara Seperti Manusia

Sangat Membantu untuk Mengatur Berat Badan 

Cemilan ini cukup mengenyangkan hal ini dikarenakan biji bunga matahari ataupun kuaci memiliki banyak serat dan protein sehingga ketika kamu mengkonsumsinya, itu akan membuat kamu merasa kenyang dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan serat dari kuaci ini bisa meningkatkan pencernaan yang baik dan mengatur kadar gula darah.

Sangat Baik untuk Kesehatan Mata 

Baca Juga : Cara Mengatasi Maag Kambuh di Tengah Malam dengan Mengkonsumsi Makanan ini

Selain memiliki serat dan kandungan protein yang baik untuk menjaga berat badan, ternyata kuaci memiliki Vitamin E yang sangat banyak dan berfungsi untuk kesehatan mata. Perlu kita ketahui, Vitamin E adalah antioksidan penting yang larut dalam lemak yang berperan dalam kesehatan mata dan memerangi peradangan. Bahkan studi menunjukkan bahwa vitamin E bisa membantu merawat mata dengan menangkal penyakit, seperti degenerasi makula terkait usia.

Melancarkan Pencernaan

Cemilan ini sangat berfungsi untuk melancarkan pencernaan dikala kita sedang kesulitan BAB karena memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat dapat membantu memperlancar BAB dengan cara mengatur penyerapan makanan serta metabolisme tubuh. Hal ini dapat membantu Anda akan terhindar dari risiko konstipasi atau sembelit, diare, serta nyeri saat BAB.

Meningkatkan Kesehatan Jantung 

Biji bunga matahari memiliki kandungan lemak baik untuk jantung bahkan bisa membantu menurunkan kadar kolestrol jahat dalam darah, mengurangi risiko serangan jantung, atau stroke. Lemak yang dimaksud adalah lemak tak jenuh, terutama yang berjenis asam linoleat.(*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *