Selain Harganya yang Terjangkau, Ternyata Ikan Asin juga Punya Banyak Manfaat Untuk Kesehatan Lho!

Foto : Doc. Pinterest

HALOSMI.COM- Ikan asin adalah salah satu lauk makan yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Selain sambal dan kerupuk, ikan asin juga juga sering hadir menjadi pelengkap makanan, seperti nasi liweut. Selain harganya yang terjangkau dan mudah didapat ternyata dapat di konsumsi tanpa memandang umur. Mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua (lansia) dapat merasakan kelezatan ikan asin.

Baca juga : Ini yang Akan Terjadi Jika Kamu Sering Mengkonsumsi Mie Instan

Menurut data dari Kementerian Kesehatan RI kandungan gizi yang ada di ikan asin di antaranya protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, dan zat besi. Selain itu di dalam ikan asin kering juga terkandung vitamin A, vitamin B1, dan vitamin C.

Baca juga : 4 Resiko yang Akan Terjadi Jika Kerja Melebihi 8 Jam Sehari

Melihat berbagai kandungannya itu, tentu ada manfaat yang bisa didapat saat kita makan ikan asin. Berikut diantaranya :

Mencegah Anemia

Anemia terjadi ketika tubuh kekurangan sel darah merah sehat atau hemoglobin. Akibatnya, sel-sel dalam tubuh tidak mendapat cukup oksigen dan tidak berfungsi secara normal (hipoksemia).

Zat besi yang terkandung dalam ikan asin bermanfaat bagi tubuh untuk mencegah terjadinya anemia. Hal ini dikarenakan zat besi dalam ikan asin bisa membantu tubuh dalam memproduksi sel darah, sehingga anemia bisa dicegah.

Baik Untuk Kesehatan Gigi dan Tulang 

Ikan asin terkenal kaya akan kandungan kalsium dan fosfor. Nutrisi tersebut bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi, antara lain menambah tinggi badan selama masa pertumbuhan, mencegah kelainan tulang, dan memperkuat struktur tulang.

Membantu Penyembuhan Luka 

Berkat kandungan zat besinya yang tinggi, ikan asin bisa membantu mempercepat penyembuhan luka. Namun, itu mungkin tidak terjadi jika seseorang menderita hemofilia (gangguan pembekuan darah).

Kandungan pada ikan asin yang berperan dalam penyembuhan luka berasal dari manfaat zat besi yang cukup tinggi, yaitu sekitar 3 mg per 100 gram ikan asin.

Ikan Asin Sebagai Sumber Energi Bagi Tubuh

Sebanyak 100 gram ikan asin kering bisa memberikan energi bagi tubuh sebanyak 193 kkal. Hal ini bisa membantu untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh dalam satu hari. Apalagi jika dipadukan dengan bahan makanan lain yang memiliki nilai gizi tinggi, seperti sayuran hijau.(*)

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *