Tanpa di Sadari, Ternyata Melamun Punya Manfaat yang Baik Lho

Foto : Doc. IDN Times

HALOSMI.COM- Melamun seringkali dianggap sebagai aktivitas yang cenderung memiliki konotasi negatif. Pasalnya, saat melamun seseorang menjadi kehilangan fokus dan membuat pikiran terputus dengan lingkungan sekitar.

Baca juga :Kata Siapa LDR Gak Bisa Saling Memenuhi Love Language Seseorang ? Bisa Kok, Gini Caranya !

Dalam laman Walden University, Minnesota, Amerika Serikat dijelaskan bahwa melamun sering berpusat bayangan tentang masa depan, yang cenderung menjadi lebih rutin dan pasti seiring bertambahnya usia.

Baca juga : Mengapa Vitamin C Sangat Penting untuk Tubuh ? Simak Manfaatnya

Selain itu, saat melamun pandangan seseorang menjadi kabur digantikan oleh munculnya imajinasi dan khayalan di dalam pikiran. Namun siapa sangka, ternyata melamun juga memiliki segudang manfaat lho, berikut manfaat dari melamun :

Melatih Kerja Otak 

Saat melamun, dengan sendirinya otak sedang aktif bekerja. Sehingga hal ini dapat melatih kerja otak untuk memikirkan serta merenungi berbagai macam hal.

Pasalnya saat melamun seseorang dapat menjumpai berbagai macam peristiwa, baik masa lalu maupun memikirkan masa yang akan datang. Hal inilah yang kemudian menjadikan otak akan bekerja lebih keras.

Meningkatkan Kreatifitas 

Manfaat dari aktivitas melamun salah satunya dapat meningkatkan kreativitas seseorang. Dengan melamun dapat memunculkan imajinasi-imajinasi di dalam pikiran. Sehingga hal ini akan memicu ide serta gagasan yang kreatif Maka tidak heran apabila para seniman yang selalu dianggap sebagai ‘orang kreatif’, seringkali idenya didapat dari aktivitas melamun.

Bahkan, Dalam satu studi di mana mahasiswa memiliki waktu 2 menit untuk menemukan sebanyak mungkin kegunaan untuk hal-hal sehari-hari (seperti tusuk gigi dan batu bata) membuktikan hal ini. Mereka yang melamun lebih dulu, daripada terus fokus pada masalah, lebih baik dalam menghasilkan lebih banyak ide kreatif. Tidak dengan selisih yang kecil juga. Mereka 41% lebih produktif dan kreatif.

Merawat Ingatan 

Seseorang yang sedang melamun, pikirannya akan cenderung mengingat berbagai macam peristiwa yang pernah dilaluinya. Sehingga hal ini dapat membantu seseorang menyimpan berbagai macam informasi yang dia dapatkan.

Hal ini sangat bermanfaat oleh orang yang memiliki tugas banyak. Dengan melamun seseorang dapat mudah menerima serta mengingat informasi yang diberikan.

Dapat Memecahkan Masalah 

Seseorang yang memiliki kebiasaan melamun cenderung akan mampu menyelesaikan berbagai macam permasalahan dengan baik. Hal ini karena saat melamun seseorang akan berpikir jauh ke depan dan dapat memperhitungkan berbagai persoalan dengan baik.

Bahkan Sebagian besar seseorang akan mendapatkan keuntungan dari melamun karena bisa melihat perspektif baru. Selain memiliki perspektif yang segar, melamun tampaknya bekerja lebih baik daripada mencoba memaksakan solusi.(*)

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Editor: Putri Ayu Ratna Sari

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *