Ragam  

Tidak Banyak Orang Tahu Tentang Manfaat Dari Menangis, Mampu Membersihkan Hidung Salah Satunya

Foto : Doc. YesDok

HALOSMI.COM- Menangis adalah luapan dari rasa sedih, dapat juga rasa bahagia. Jika kamu termasuk orang yang mudah menangis tidak usah berkecil hati dan malu disebut cengeng atau lemah. Biarkan air mata keluar dari waktu ke waktu, karena dengan menagis sebenarnya kita bisa mendapatkan lebih banyak manfaat daripada hanya dengan menahan untuk menangis.

Baca juga : Ternyata Ini Cara Ampuh Untuk Mengatasi Bad Mood

Mungkin banyak orang yang tidak sadar manfaat dari menangis selain melegakan perasaan. Dikutip dari Brightside, berikut ulasannya.

Baca juga : Menangis Semalaman Membuat Mata Sembab di Pagi Hari, Lakukan Cara ini Untuk Meredakannya

Membantu Tidur Lebih Cepat 

Ketika seseorang menangis di waktu yang cukup lama, itu akan mengeluarkan hormon dan racun dalam tubuh kita, itu juga menurunkan tingkat stres. Ini membantu kita mengembangkan sistem kekebalan yang lebih kuat dan menurunkan kemungkinan penambahan berat badan. Selain itu, karena kita akan merasa kurang stres, tekanan darah kita juga bisa turun dan membantu kita tertidur lebih cepat.

Membersihkan Hidung 

Sadar gak sih ? Ketika seseorang menangis saluran air mata akan terhubung dengan bagian dalam hidung kita. Inilah sebabnya mengapa hidung kita menjadi berair ketika kita menangis. Tapi inilah manfaat yang akan kamu dapatkan. Dengan mengeluarkan cairan dalam hidung, itu akan mengeluarkan iritasi dan bakteri dari hidung kita, seperti halnya dengan mata kita.

Memperbaiki Penglihatan 

Seperti halnya tubuh yang selalu membutuhkan asupan air yang cukup agar terhidrasi, mata kitapun sama karena mereka juga perlu tetap terhidrasi dan mendapatkan air. Jadi, ketika kita menangis, sebenarnya akan membantu mata kita terhidrasi kembali dan ini dapat meningkatkan fokus kita dan memperbaiki penglihatan.

Bahkan setiap hari mata kita terpapar banyak debu, dan kotoran yang semuanya dapat dengan mudah mengiritasi mata dimana hal itu berpotensi membahayakan dan bahkan memperburuk penglihatan kita. Maka dengan menangis akan membantu membersihkannya dan menghilangkan iritasi, tetapi bagian terbaiknya adalah air mata mengandung lisozim. Ini adalah bahan kimia anti-bakteri yang membantu mata melawan infeksi.

Memulihkan Emosional 

Tidak hanya merasa sedih, Seseoran akan menangis ketika mereka merasa stres, takut, atau sangat bahagia.

Para peneliti percaya bahwa menangis dengan cara yang berbeda ini dapat membantu kita memulihkan keseimbangan emosional kita. Ketika kita menangis karena sangat takut atau bahagia, itu adalah cara bagi tubuh untuk pulih dari emosi yang kuat.

Air mata emosional adalah yang memiliki lebih banyak manfaat bagi kesehatan. Sementara penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk mengkonfirmasi hal ini, diyakini bahwa mereka mengandung hormon stres dan racun lainnya. Hal tersebut menunjukkan bahwa menangis mengeluarkan hal-hal ini dari tubuh kita.(*)

 

 

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *