News  

Waduh! Dosen UII Yogyakarta Hilang Kontak di Turki

HALOSMI.COM – Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Ankara dan KJRI menginformasikan Dosen Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta hilang kontak di Turki pada 12 Februari 2023.

ARP dikabarkan sedang menjalani dinas ke Oslo, Norwegia dan Turki. Usai menerima informasi kehilangan tersebut, KJRI Istanbul langsung menjalin komunikasi formal dan informal dengan sejumlah otoritas terkait di Istanbul untuk mencari petunjuk tentang keberadaan sang dosen.

“KJRI sudah menghubungi imigrasi dan otoritas bandara untuk meminta informasi yang bisa menjadi petunjuk kemungkinan keberadaan yang bersangkutan,” kata Konsul Jenderal RI Istanbul Imam Asyari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu 18 Februari 2023.

BACA JUGA: Viral Terapis Jepit Kepala Bayi di Depok, Polisi: Sesuai Metode, Tapi Lalai

KJRI juga sudah menanyakan kepada simpul-simpul masyarakat Indonesia di Istanbul. Namun keberadaan ARP belum diketahui

Menurut keterangan itu, ARP melakukan perjalanan ke Oslo, Norwegia, pada 4 Februari dalam rangka tugas kampus dan seharusnya kembali 12 Februari melalui Istanbul dengan penerbangan Turkish Airlines.

Istri ARP lewat pesan Whatsapp yang diterima KBRI Ankara, mengatakan: “Terakhir berkontak pada Minggu, 12 Februari 2023 kemarin. Saat itu posisi beliau berada di Bandara Oslo”.

BACA JUGA: Persib vs Rans Nusantara, Daisuke Sato: Kami Harus Fokus Penuh

Sejumlah pihak berspekulasi bahwa dosen jurusan teknik informatika itu hilang terkait gempa.

Menanggapi spekulasi tersebut, Duta Besar RI untuk Turki Lalu Muhamad Iqbal menyatakan ada banyak kemungkinan terkait hilangnya sang dosen dan bahkan belum bisa dipastikan apakah dia masih berada di Oslo atau sudah berada di Istanbul.

Namun yang pasti, lanjut Iqbal, kecil kemungkinan terkait dengan gempa karena yang bersangkutan diperkirakan menuju Turki pada 12 Februari, sementara gempa terjadi pada 6 Februari. (*)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari halosmi.com di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *